Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, February 4, 2011

Pengertian Media Pembelajaran


PENGERTIAN MEDIA PENDIDIKAN/PEMBELAJARAN

Baiklah untuk mengawali postingan saya kali ini, saya akan sedikit menjabarkan mengenai pengertian dan konsep media pendidikan yang didefinisikan oleh para teknolog pembelajaran :
Pengertian Media
Kata media berasal dari bahasa latin yaitu jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan (Sadiman, 2002: 6) .

1. Gagne
Gagne mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang dalam pendidikan disebut media, yaitu berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk berpikir (Sadiman, 2002: 6).
2. Brigs
Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Jadi, media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim dan penerima  sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman, 2002: 6).
3. Menurut
 Latuheru (dalam Hamdani, 2005: menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna.
4.  Heinich
Heinich, Molenda dan Russel (1996) menyatakan bahwa media dalam aktivitas pembelajaran dapat didefenisikan sebagai sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara dosen dan mahasiswa.
5. Schramm
Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
6. (AECT)
Association of Education and Communication Technology (AECT) memberikan pengertian tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi.
7. National Education Associaton
National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

Baiklah itu berbagai pengertian media pendidikan atau pembelajaran, nah dari semua definisi tadi dapat gue tarik kesimpulan kalo sebenarnya media pembelajaran itu adalah sebuah sarana, saluran, bahan, alat, teknik, atau apapun itu yang bisa digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan, informasi maupun pengetahuan kepada audien atau siswa.

Media pembelajaran selalu terdiri atas dua unsur penting, yaitu unsur peralatan atau perangkat keras (hardware) dan unsur pesan yang dibawanya (message/software). Dengan demikian perlu sekali Anda camkan, media pembelajaran memerlukan peralatan untuk menyajikan pesan, namun yang terpenting bukanlah peralatan itu, tetapi pesan atau informasi belajar yang dibawakan oleh media tersebut.
Perangkat lunak (software) adalah informasi atau bahan ajar itu sendiri yang akan disampaikan kepada siswa, sedangkan perangkat keras (hardware) adalah sarana atau peralatan yang digunakan untuk menyajikan pesan/bahan ajar tersebut. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya perhatikan contoh sederhana berikut ini :  Pesawat televisi yang tidak mengandung pesan/bahan ajar belum bisa disebut media pembelajaran, itu hanya peralatan saja atau perangkat keras saja. Agar dapat disebut sebagai media pembelajaran maka pesawat televisi tersebut harus mengandung informasi atau pesan atau bahan ajar yang akan disampaikan. Ada pengecualian, apabila Anda misalnya saja menggunakan pesawat televisi sebagai alat peraga untuk menerangkan tentang komponen-komponen yang ada dalam pesawat televisi dan cara kerjanya, maka pesawat televisi yang Anda gunakan tersebut dapat berfungsi sebagai media pembelajaran.
Dari berbagai pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa (a) media pembelajaran merupakan wadah dari pesan, (b) materi yang ingin disampaikan adalah pesan pembelajaran, (c) tujuan yang ingin dicapai ialah rposes pembelajaran. Selanjutnya penggunaan media secara kreatif akan memperbesar kemungkinan bagi siswa untuk belajar lebih banyak, mencamkan apa yang dipelajarinya lebih baik, dan meningkatkan penampilan dalam melakukan keterampilan sesuai dengan yang menjadi tujuan pembelajaran.
Pada awal sejarah pembelajaran, media hanyalah merupakan alat bantu yang dipergunakan oleh seorang guru untuk menerangkan pelajaran. Alat bantu yang mula-mula digunakan adalah alat bantu visual, yaitu berupa sarana yang dapat memberikan pengalaman visual kepada siswa, anatara lain untuk mendorong motivasi belajar, memperjelas dan mempermudah konsep yang abstrak, dan mempertinggi daya serap atau retensi belajar. Kemudian dengan berkembangnya teknologi, khususnya teknologi audio, pada pertengahan abad ke-20 lahirlah lat bantu audio visual yang terutama menggunakan pengalaman yang kongkrit untuk menghindari verbalisme. Dalam usaha memanfaatkan media sebagai alat bantu, Edgar Dale mengadakan klasifikasi menurut tingkat dari yang paling kongkrit ke yang paling abstrak.

Pada akhir tahun 1950 teori komunikasi mulai mempengaruhi penggunaan media, sehingga fungsi media selain sebagai alat bantu juga berfungsi sebagai penyalur pesan. Kemudian dengan masuknya pengaruh teori tingkah laku dari B.F. Skinner, mulai tahun 1960 tujuan belajar bergeser ke arah perubahan tingkah laku belajar siswa, karena menurut teori ini membelajarkan orang adalah merubah tingkah lakunya. Pembelajaran terprogram (pengajaran berprograma) adalah merupakan produk dari aliran Skinner ini.
Pada tahun 1965 pengaruh pendekatan sistem mulai memasuki khazanah pendidikan dan pembelajaran. Hal tersebut mendorong digunakannya media sebagai bagian integral dalam proses pembelajaran. Perencanaan dan pengembangan pembelajaran dilaksanakan secara sistemik berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa, serta di arahkan kepada perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dari sini kemudian berkembang suatu konsep pendekatan sistem, dan memanfaatkan media. Perkembangan media pembelajaran memang mengikuti perkembangan teknologi pendidikan. Apabila ditelaah lebih lanjut, berkembangnya paradigma dalam teknologi pendidikan mempengaruhi perkembangan media pembelajaran, adalah sebagai berikut :
  1. Dalam paradigma pertama, media pembelajaran sama dengan alat peraga audio visual yang dipakai oleh instruktur untuk melaksanakan tugasnya.
  2. Dalam paradigma kedua, media dipandang sebagai sesuatu yang dikembangkan secara sistemik serta berpegang kepada kaidah komunikasi.
  3. Dalam paradigma ketiga, media dipandang sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran dan karena itu menghendaki adanya perubahan pada komponen-komponen lain dalam proses pembelajaran.
  4. Media pembelajaran, dalam paradigma keempat, lebih dipandang sebagai salah satu sumber yang dengan sengaja dan bertujuan dikembangkan dan atau dimanfaatkan untuk keperluan belajar.
Kita sekarang berada dalam suatu era informasi, yang ditandai dengan tersedianya informasi yang makin banyak dan bervariasi, tersebarnya informasiyang makin meluas dan seketika, serta tersajinya informasi dalam berbagai bentuk dalam waktu yang singkat. Media telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, walaupun dalam derajat yang berbeda-beda. Di negara-negara yang telah maju media telah mempengaruhi kehidupan hampir sepanjang waktu jaga. Bahkan seorang arsitek Amerika terkemuka, Buckminster Fuller dalam Haney & Ulmer, menyatakan bahwa media adalah orang tua ketiga (guru adalah orang tua kedua). Di indonesia kecenderungan ke arah itu sudah mulai tampak, dengan telah diudarakannya oleh pihak swasta “Televisi Pendidikan” mulai tahun 1991, yang disiarkan ke seluruh pelosok tanah air.
Dengan konsepsi yng makin mantap, fungsi media dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya sekedar alat bantu guru, melainkan sebagai pembawa informasi atau pesan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan demikian seorang guru dapat memusatkan tugasnya pada aspek-aspek lain seperti pada kegiatan bimbingan dan penyuluhan individual dalam kegiatan pembelajaran.



Artikel Terkait:

3 comments:

Hua Cai said...

cheap mlb jerseys, http://www.cheapmlbjerseys.us.com/
michael kors factory outlet, http://www.michaelkorsfactoryoutlet.us.org/
michael kors outlet store, http://www.michaelkorsoutlet-store.us.com/
ralph lauren outlet, http://www.ralphlaurenoutlet.in.net/
links of london, http://www.linksoflondons.co.uk/
air max 90, http://www.airmax90.us.com/
ray ban, http://www.occhiali-rayban.it/
ray ban sunglasses, http://www.raybansunglassesonline.us.com/
chanel outlet, http://www.chaneloutletstore.us.com/
lebron james shoes, http://www.lebronjames.us.com/
cheap jordans, http://www.cheapjordanshoes.in.net/
true religion jeans, http://www.truereligionjeanscanada.com/
chanel handbags, http://www.chanelhandbags-outlet.us.com/
hermes outlet, http://www.hermesoutletstore.us.com/
rolex watches, http://www.rolexwatches.in.net/
asics, http://www.asicsisrael.com/
michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutletcanada.in.net/
nike free 5, http://www.nikefree5.us/
ghd hair straighteners, http://www.ghdhairstraightenerssale.co.uk/
football shirts, http://www.cheapfootballshirt.org.uk/
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassesdiscount.us.com/
michael kors wallet, http://www.michaelkorswallet.net/
michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutlets.uk/
dansko outlet, http://www.dansko-shoes.us/
jordan shoes, http://www.jordan-shoes.us.com/
2015924caihuali

xumeiqing said...

20160906meiqing
reebok uk
ray bans
michael kors outlet
oakley sunglasses
louis vuitton outlet
cheap ferragamo shoes
ugg boots
versace shoes
nike air force white
michael kors outlet clearance
christian louboutin outlet
timberland boots
coach outlet online coach factory outlet
cheap mlb jerseys
coach outlet
jimmy choo shoes
louis vuitton outlet
timberland boots
ugg boots sale
ugg outlet
lebron james sneakers
ray bans
louis vuitton outlet
valentino shoes on sale
adidas shoes uk
uggs on sale
hermes outlet
coach factory outlet
cheap ray bans
gucci outlet
lacoste outlet
birkenstock sandals
ray ban sunglasses discount
uggs
true religion jeans
nike free run black
burberry outlet
longchamp handbags

Unknown said...

oakley sunglasses
christian louboutin outlet
yeezy boost 350 white
supra shoes sale
arizona cardinals jerseys
michael kors handbags wholesale
lions jerseys
michael kors outlet online
michael kors handbags
dolce and gabbana outlet

Post a Comment