Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, November 11, 2011

Download Skripsi & Tesis Administrasi Pendidikan Full : Perencanaan Kebutuhan Guru Sekolah Dasar Berdasarkan Pendekatan Kewilayahan

Download Skripsi & Tesis Administrasi Pendidikan
ABSTRAK


Perencanaan Kebutuhan Guru Sekolah Dasar Berdasarkan Pendekatan Kewilayahan (Studi Kasus Analisis Kebutuhan Tenaga Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung Tahun 2004 Sampai 2010)
ONO WIHARNA
NIM. 029365
Tersedianya guru yang cukup merupakan kunci utama dalam kelangsungan proses belajar mengajar dengan baik pada setiap lembaga pendidikan. Tanpa guru pendidikan hanya akan menjadi slogam muluk karena segala bentuk kebijakan dan program pada akhirnya akan ditentukan oleh kinerja pihak yang berada di garis terdepan yaitu guru. Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini adalah bagaimana keadaan dan kualifikasi guru SD, faktor-faktor diterminan dan prosedur rekriutmen/pengadaan tenaga guru SD di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung untuk tahun 2004-2010. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai variabel yang mempengaruhi kebutuhan tenaga guru SD dan memberikan gambaran mengenai prospeknya di masa datang. Adapun teori yang mendukung permasalahan yaitu : (1) teori perencanaan; (2) teori analisis; (3) teori kebutuhan guru ;dan (4) teori rekruitmen guru SD.
Pendekatan terhadap pemecahan masalah menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan format isian ke setiap sekolah dan melakukan wawancara serta dokumentasi di KCD Pendidikan dan Kependudukan Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Dalam analisis kebutuhan guru SD digunakan : (a) Formula SPM mengacu pada SK Mendiknas No:53/U/2001 dan No : 025/0/1995, (b) Formula pelayanan siswa dengan menggunakan Manajemen Mutu Terpadu (MMT).
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat kesimpulan antara lain : (1) Pada tahun 2000 sampai 2004 pemerintah Kota Bandung belum mampu memenuhi kebutuhan guru; (2) Pada tahun 2004 keadaan guru dengan statusnya adalah Guru PNS 291 orang (82,44 %), guru Bantu 20 orang (5,10 %) dan guru Sukwan 44 orang (12,46%); (3) Pada tahun 2004 kekurangan GK 15 orang (5,95 %), GA kelebihan 4 orang (112,5 %) dan GOR kekurangan 14 orang (43,75 %). (4) Proses dan prosedur pemenuhan guru pemerintah mengabil kebijakan dengan adannya guru bantu dan sekolah mengangkat guru sukwan, (5) Proyeksi kebutuhan tenaga guru tahun 2005 sampai 2010, dipakai formula SPM menunjukan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 16,94 % per tahun.dan formula MMT, menunjukan tingkat pertumbuhan rata-rata 79,10 % per tahun. Hasil penelitian memberikan implikasi perlu adanya penyempurnaan dalam perencanaan SDM guru SD yang didasarkan pada data dan informasi yang lengkap dan direkomendasikan agar Pemerintah Kota Bandung dapat memenuhi tenaga guru SD yang sesuai dengan kebutuhan.



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment