Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, November 9, 2011

Download Tesis IPA :Upaya Meningkatkan Potensi Belajar Siswa Pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan Dengan Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM)

Download Tesis IPA
ABSTRAK

Upaya Meningkatkan Potensi Belajar Siswa Pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan Dengan Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) ( Studi Kuasi Eksperimen Topik Perkembangbiakan Tumbuhan )
Surtika Resmiati
Telah dilakukan upaya penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran sejauh mana peningkatan penguasaan konsep siswa, dengan penerapan pendekatan STM. Latar belakang masalah ini bersumber dari nilai EBTANAS IPA Selama lima tahun terakhir masih jauh dari yang di harapkan. Dalam rangka peningkatan proses belajar mengajar, guru harus mampu mencari alternatif model pembelajaran agar apa yang diharapkan dapat tercapai. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen, yaitu suatu penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang dapat diperoleh dengan eksperimen yang sebenarnya dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengontrol dan atau memanipulasi semua variabel yang relevan.
Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen, siswa kelas 3 SLTP N Ciamis tahun pelajaran 2002-2003. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pretes pada siswa kelas eksperimen untuk mengetahui penguasaan konsep awal sebelum pembelajaran selanjutnya dilakukan eksperimen dengan pendekatan STM dalam pembelajaran pada konsep perkembangbiakan tumbuhan selama 18 jam pelajaran dengan 9 kali pertemuan. Setelah selesai pembelajaran diberikan postes untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep pembelajaran siswa. Hasil kedua tes dibandingkan dan dilihat sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan STM. Hasil tes Analisis data menggunakan uji-t ditemukan bahwa secara umum siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil yang signifikan pada tahap kepercayaan 95%. Dengan perolehan rata-rata pretes 3,2 dan rata-rata postes 6,8 dengan rata-rata gain 3,6. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep sebelum dan sesudah pembelajaran dengan pendekatan STM ke arah yang lebih baik. Guru dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan STM dan dirasakan lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta merupakan pengalaman pertama yang menyenangkan dengan harapan dapat diterapkan pada topik yang lain yang relevan. Oleh karena itu melalui temuan diatas, peneliti menyarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut dan dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.




Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment