Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, October 25, 2011

Download Tesis PGSD : Keefektifan Strategi Metakognitif dalam Peningkatan Kemampuan Analisis Unsur Intrinsik dan Pemahaman Isi Bacaan Prosa Fiksi Anak

Download Tesis PGSD
ABSTRAK

Keefektifan Strategi Metakognitif dalam Peningkatan Kemampuan Analisis Unsur Intrinsik dan Pemahaman Isi Bacaan Prosa Fiksi Anak (Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas V SDN Tegalkalong II Kabupaten Sumedang)
Maryam Abdillah NIM. 0808204
Permasalahan mutu pendidikan siswa Sekolah Dasar (SD) ditentukan oleh banyak faktor, salah satu di antaranya adalah faktor kemampuan membaca. Rendahnya kemampuan membaca siswa berdampak pada berbagai aspek akademis lainnya, karena membaca merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pendidikan. Upaya meningkatkan kemampuan membaca telah dilaksanakan dengan berbagai metode, salah satunya yaitu penerapan strategi metakognitif. Dalam berbagai penelitian, keefektifan strategi metakognitif telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Landasan teori yang dirujuk dalam penelitian ini adalah teori strategi metakognitif Kovach. Tahapan strategi metakognitif yang terdiri atas tahapan evaluasi dan monitor terhadap diri sendiri, merancang tujuan dan perencanaan strategis, melakukan rencana dalam tindakan memonitornya, memonitor hasil dan menyempurnakan strategi-strategi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran membaca pemahaman dengan menerapkan strategi metakognitif dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik dan kemampuan pemahaman isi bacaan prosa fiksi anak pada siswa kelas V SDN Tegalkalong II Kabupaten Sumedang.
Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dengan teknik penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas V SDN Tegalkalong II Kabupaten Sumedang. Pada teknik ini digunakan dua kelompok siswa sebagai sampel penelitian yang dipilih secara random. Kelompok pertama adalah sebagai kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional, sedangkan kelompok kedua sebagai kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan menerapkan strategi metakognitif.
Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, observasi dan wawancara. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur kemampuan menganalisis unsur intrinsik prosa yang disajikan dalam bentuk pilihan ganda. Untuk mengukur kemampuan memahami isi bacaan disajikan dalam bentuk uraian. Butir soal tes tersebut telah diuji cobakan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan analisis uji coba instrumen yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil uji coba menunjukkan bahwa butir soal memenuhi kriteria uji validitas dan uji reliabilitas, serta memiliki tingkat kesukaran dan daya pembeda yang sesuai bagi siswa SD kelas V.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan menerapkan strategi metakognitif efektif dalam peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik dan pemahaman isi bacaan prosa fiksi anak. Berdasarkan pada temuan di lapangan, perlu dipertahankan kemampuan membaca pemahaman yang telah dicapai setelah diterapkannya strategi metakognitif.



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment