Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, October 25, 2011

Download Tesis PGSD : Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar

Download Tesis PGSD
ABSTRAK
Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN dalam Gugus 1 di Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu)
Mimi Hariyani (0808123)
Mengingat pentingnya pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematik bagi siswa dalam mempelajari matematika, maka guru harus menentukan metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat mempermudah siswa memahami konsep matematika dan mengembangkan kemampuan penalaran matematiknya. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode penemuan terbimbing.
Penelitian ini dilakukan untuk menelaah apakah pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematik siswa sekolah dasar, menelaah apakah terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta untuk memperoleh informasi mengenai sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretespostes kelompok kontrol tanpa acak.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2010 dengan subjek penelitian 92 orang siswa kelas V SDN dalam Gugus 1 di Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematik, angket sikap siswa, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematik siswa sekolah dasar. Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Siswa pada kelas penemuan terbimbing mengalami peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematik yang lebih tinggi daripada siswa pada kelas konvensional. Selama pembelajaran, sebagian besar siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan aktivitas siswa yang semakin lama semakin baik selama pembelajaran.
Berdasarkan temuan penelitian, maka pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematik.



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment