There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, October 25, 2011

Download Tesis PAUD : Bimbingan Guru Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Download Tesis PAUD
ABSTRAK
Bimbingan Guru Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Deskriptif di TK se- Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang).
Dadan Buldani
2010
Guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, yang sangat berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang cerdas dan berakhlak mulia. Dalam rangka ini guru tidak semata-mata sebagai “pengajar” yang melakukan transfer of knowledge, tetapi juga sebagai “pendidik” yang melakukan transfer of value dan sekaligus sebagai “pembimbing” yang memberikan pengarahan dan menuntun anak dalam belajar.
Perkembangan kognitif adalah suatu proses yang menggambarkan bagaimana pikiran anak berkembang dan berfungsi sehingga dapat berfikir. Proses perkembangan kognitif melibatkan perubahan-perubahan dalam kemampuan dan pola berfikir, kemahiran berbahasa, dan cara individu memperoleh pengetahuan
dari lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan atas data-data yang diperoleh tentang upaya bimbingan yang dilakukan guru dalam mengoptimalkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK Kec. Jatinangor Kab. Sumedang, (2) Mendeskripsikan atas data-data yang diperoleh tentang bagaimana perkembangan kognitif AUD di TK Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, (3) Mendeskripsikan atas data-data yang diperoleh tentang kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengoptimalkan perkembangan kognitif anak AUD di TK Kec. Jatinangor Kab. Sumedang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif sedangkan alat pengumpul data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi sampel adalah 40 orang guru dari 16 TK yang ada di kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru dalam hal ini sebagai responden masih belum optimal dalam melakukan bantuan bimbingan untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif anak usia dini, ini dapat dilihat dari hasil wawancara, pemahaman tugas-tugas perkembangan anak usia dini, (2) Berkenaan dengan kemampuan perkembangan kognitif anak usia dini di TK se- Kecamatan Jatinangor Kab. Sumedang sangat beragam, dari yang sudah memahami memory anak usia dini terutama pada sub aspek sensory, short-term memory, sub aspek long-term memory dan sub aspek memory strategis, tetapi ada juga yang belum dapat memahami sub aspek sensory, sub aspek short-term memory, sub aspek long-term memory dan sub aspek memory startegis, (3) Kendala yang dihadapi adalah adanya perbedaan kemampuan setiap anak serta sarana dan pra sarana dari tiap-tiap sekolah yang masih kurang begitu memadai. Hasil penelitian ini untuk direkomondasikan kepada guru-guru dan diimplementasikan di Taman Kanak-Kanak khususnya yang ada di Kec. Jatinangor Kab. Sumedang dalam upaya mengoptimalkan perkembangan kognitif anak usia dini dan dapat membantu meningkatkan kemampuan guru dalam membimbing anak.
 "Silahkan Klik Kanan Save Link as pada Teks"


Artikel Terkait: