Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, April 4, 2013

Download Skripsi Gratis Teknik Informatika : Peringkasan Teks Otomatis Berita Olahraga Berbahasa Indonesia Menggunakan Metode Maximum Marginal Relevance

Seiring perkembangan teknologi informasi mengakibatkan teknologi internet semakin pesat, sehingga banyak berita online khususnya berita olahraga. Dengan adanya peringkasan teks secara otomatis ini diharapkan membantu mengurangi waktu membaca keseluruhan isi berita dengan hanya membaca hasil ringkasannya, sehingga memudahkan dalam mencari informasi berita olahraga.
Penelitian ini diawali dengan proses text preprocessing, yaitu pemrosesan teks untuk mendapatkan term kata. Metode ini terdiri dari case folding, pemecahan kalimat, filtering, tokenizing, dan stemming. Hasil dari proses ini kemudian dihitung bobot tf-idf, bobot relevance dan bobot similarity. Untuk menghasilkan ringkasan dilakukan proses ekstraksi yaitu menghitung bobot maximum marginal relevance kalimat dari kombinasi cosine similarity, yaitu relevance dan similarity. Metode ekstraksi maximum marginal relevance merupakan metode yang digunakan dalam mengurangi redudansi kalimat dalam dokumen dalam menentukan sebagai ringkasan.
Data uji coba untuk pengujian akan diambilkan dari surat kabar berbahasa Indonesia on-line. Dari hasil pengujian kemudian dievaluasi dengan hasil ringkasan manual dan ringkasan sistem peringkasan otomatis lain. Hasil dari evaluasi dengan ringkasan manual menghasilkan rata-rata recall 60%, precision 77%, dan f-measure 66%. Sedangkan hasil evaluasi dengan sistem peringkasan otomatis lain menghasilkan rata-rata recall 79%, precision 89% dan f-measure 82%.
File Download
Abstrak-Indonesia.pdf Abstrak-Indonesia.ps
Abstrak-Inggris.pdf Abstrak-Inggris.ps
Pendahuluan.pdf Pendahuluan.ps
BAB I.pdf BAB I.ps
BAB II.pdf BAB II.ps
BAB III.pdf BAB III.ps
BAB IV.pdf BAB IV.ps
BAB V.pdf BAB V.ps
Daftar Pustaka.pdf Daftar Pustaka.ps


Artikel Terkait:

4 comments:

Post a Comment