Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, January 13, 2013

Download Tesis IPS : IMPLEMENTASI KEARIFAN LINGKUNGAN DALAM BUDAYA MASYARAKAT ADAT KAMPUNG KUTA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS :Studi Etnografi Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta dan Kajian PTK di SMP Negeri 1 Tambaksari Kabupaten Ciamis


Pewarisan nilai-nilai budaya lokal melalui pendidikan formal merupakan upaya untuk mencegah masuknya pangaruh negatif globalisasi, baik berupa penurunan kualitas lingkungan maupun terkikisnya nilai budaya bangsa. Untuk itu diperlukan  kajian nilai lokal mana saja yang  layak dijadikan sumber belajar sekaligus mengkaji pengaruh sumber belajar tersebut terhadap peningkatan kualitas hasil belajar.

Metode yang digunakan adalah etnografi dan penelitian tindakan. Etnografi dipandang tepat untuk mengkaji kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat Kuta di Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Sedangkan penelitian tindakan dipandang tepat untuk mengkaji sejauh mana sumber belajar kearifan lingkungan masyarakat Kuta memiliki makna bagi pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tambaksari.

Hasil penelitian menunjukkan, kearifan lingkungan sebagai salah satu nilai budaya yang hidup berkembang dalam masyarakat Kuta telah mampu menjadikan lingkungan alam Kuta tetap lestari. Selain kearifan lingkungan, dalam budaya masyarakat Kuta terdapat nilai kesederhanaan, kesetiaan, solidaritas, kesopanan, kebersamaan, gotong royong, saling mengasihi, keseimbangan dan keberlanjutan yang tercermin dari berbagai tabu dan perilaku masyarakatnya.

Keberlanjutan lingkungan tentu bukan hanya kebutuhan masyarakat adat Kuta melainkan kebutuhan seluruh umat manusia. Untuk itu, melembagakan kembali nilai-nilai lokal adalah kebutuhan yang tidak dapat ditawar lagi. Dalam konteks apapun nilai yang terkandung dalam budaya lokal termasuk dalam hal ini kearifan lingkungan tetap penting untuk diwariskan kepada peserta didik. Nilai itu bersifat universal, yang berbeda hanyalah artikulasinya. Dengan demikian, nilai budaya lokal khususnya kearifan lingkungan sangat penting untuk menjadikan pembelajaran IPS semakin bermakna di samping mengeliminir kekurangan sumber pembelajaran yang sering dikeluhkan oleh para guru di lapangan.

Arti penting sumber belajar kearifan lingkungan dalam pendidikan IPS terlihat dari hasil penelitian tindakan yang menunjukkan dua hal penting, pertama: minat dan gairah belajar peserta didik mengalami peningkatan yang terlihat dari kegiatan pembelajaran siklus kedua hingga siklus terakhir. Motivasi semakin meningkat ketika guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menggali nilai budaya tersebut langsung dari subjeknya, yaitu masyarakat adat Kampung Kuta. Kedua, guru tidak lagi menjadikan buku dan dirinya sebagai sumber pembelajaran terpenting. Pada akhirnya, peserta didik dapat mencocokan apa yang diterima di dalam kelas dengan kenyataan yang ada di lingkungannya.
Daftar Isit_ips_0907496_table_of_content.pdf
Bab It_ips_0907496_chapter1.pdf
Bab IIt_ips_0907496_chapter2.pdf
Bab IIIt_ips_0907496_chapter3.pdf
Bab IVt_ips_0907496_chapter4.pdf
Bab Vt_ips_0907496_chapter5.pdf
Daftar Pustakat_ips_0907496_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment