There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, January 17, 2013

Download Tesis IPS : PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI USAHA PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA : Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri II Pontianak Kalimantan Barat

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Materi Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. penulis membatasi masalah-masalah yang dirumuskan sebagai berikut, Apakah Terdapat Pengaruh Penerapan Multimedia Interaktif  Terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep  Dalam Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia?.  

 Penelitian ini bertujuan mengetahui  perbedaan hasil pretest dan posttest motivasi belajar dan penguasaan konsep materi Usaha persiapan kemerdekaan Indonesia pada kelas experiment dengan kelas kontrol. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan adalah quasi eksperiment atau eksperimen semu dengann teknik “static group pretest-postest design” melibatkan 74 orang siswa MTs Negeri II Model Pontianak. Data motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi usaha persiapan kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan instrumen tes motivasi  belajar, tes penguasaan konsep, kuesioner, observasi, dan wawancara. 

Hasil analisis data menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan dengan kategori “Sedang” dan motivasi belajar siswa pada kelas konrol tidak terjadi peningkatan yang signifikan. Hasil tes Penguasaan konsep analisis data menunjukkan peningkatan penguasaan konsep  pada kelas eksperimen dengan kategori “Sedang” dan pada kelas konrol tidak terjadi peningkatan yang signifikan. Analisis kuesioner disimpulkan bahwa program yang digunakan sangat disenangi siswa. Hasil analisis terhadap pengamatan langsung untuk kelas yang belajar dengan multimedia interaktif sangat aktif dalam belajar dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional. Hasil wawancara baik guru maupun siswa memberikan tanggapan yang sangat positif terhadap pembelajaran yang diterapkan dan terhadap multimedia interaktif yang mendukung pembelajaran. 

Rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada guru agar memanfaatkan media yang ada, lebih-lebih bisa menggunakan multimedia interaktif sehingga pembelajaran lebih bervariatif guna membangkitkan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan penguasaan konsep materi pembelajaran IPS. Oleh karena itu dukungan dari pihak sekolah, masyarakat serta instansi terkait bisa memfasilitasi pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana multimedia. Untuk peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan untuk meneliti pada aspek yang lain.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep
Bab It_pips_0909604_chapter1.pdf
Bab IIt_pips_0909604_chapter2.pdf
Bab IIIt_pips_0909604_chapter3.pdf
Bab IVt_pips_0909604_chapter4.pdf
Bab Vt_pips_0909604_chapter5.pdf
Daftar Pustakat_pips_0909604_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment