Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, January 14, 2013

Download Tesis IPS : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (VISUAL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa salah satu masalah yang dihadapi dalam mata pelajaran sejarah adalah kurang optimalnya proses pembelajaran yang dilakukan, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan media gambar (Visual) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Dimana subjek penelitian dikelompokkan secara purposive sampel. Penelitian di bagi kedalam dua kelompok siswa yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media gambar (visual) sebagai perlakuan (treatment) dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media gambar (visual).

Berdasarkan hasil penelitian,nilai rata-rata gain hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah pada kelompok eksperimen sebesar 0,2280 yang berarti setelah mendapatkan pembelajaran dengan penggunaan media gambar (visual), hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah meningkat sebesar 22,80% dibanding hasil belajar siswa pada saat pretest. Dapat dilihat  nilai thitung (8,070) lebih besar dari ttabel (1,998), atau p-value (0,000) lebih kecil dari =537; (0,05)artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata gain hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Dari hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sebuah alternatif sebagai upaya guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran agar terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah.Peneliti sangat mengharap adanya penelitian lanjutan tentang penggunakan media gambar (Visual) agar dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran dan dapat mencapai tujuan pemebelajaran Sejarah.
Daftar Isit_ips_0909607_table_of_content.pdf
Bab It_ips_0909607_chapter1.pdf
Bab IIt_ips_0909607_chapter2.pdf
Bab IIIt_ips_0909607_chapter3.pdf
Bab IVt_ips_0909607_chapter4.pdf
Bab Vt_ips_0909607_chapter5.pdf
Daftar Pustakat_ips_0909607_bibliography.pdf


Artikel Terkait: