Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, January 11, 2013

Download Tesis IPS : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUKTURAL THINK PAIR SHARE DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP SELF EFFICACY PESERTA DIDIK: Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 5 Cimahi


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat efikasi diri peserta didik di SMA Negeri 5 Cimahi, yaitu sekitar 65% mempunyai tingkat efikasi diri yang rendah. Walaupun rata-rata peserta didik memiliki IQ yang baik. Permasalahan yang dialami peserta didik adalah kurangnya kepercayaan diri dan keyakinan yang tinggi bahwa peserta didik mampu melakukan yang terbaik. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya keberanian dalam diri peserta didik dalam mengungkapkan pendapat, kurang aktif dalam diskusi dan hanya menerima penjelasan dari guru tanpa pernah berusaha mencari pengetahuan dari sumber lain. Salah satu faktor hal di atas disebabkan oleh metode guru mengajar di kelas yang selama ini sebagian besar menggunakan metode konvensional. Beranjak dari masalah tersebut salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pengembangan efikasi diri peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif tipe struktural yaitu tipe Think Pair Share serta Numbered Head Together.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Cimahi yang berjumlah 376 siswa yang meliputi sepuluh kelas paralel. Sampel dipilih dengan teknik cluster random samplingmetode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalentkontrol group pre-test and post-test design. Didapat satu kelas eksperimen yaitu kelas X.1, dan satu kelas kontrol yaitu kelas X.4.  

Hasil penelitian yang diperoleh setelah diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe struktural yaitu tipe Think Pair Share serta Numbered Head Together yaitu sebanyak 20% tingkat efikasi diri peserta didik termasuk kategori rendah, 61% tingkat efikasi diri peserta didik termasuk kategori sedang, dan sisanya yaitu 19% termasuk kedalam kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil uji statistik didapat bahwa pengembangan efikasi diri peserta didik kelas eksperimen yaitu dengan tipe Think Pair Share lebih baik daripada kelas kontrol yaitu dengan tipe Numbered Head Together serta terdapat perbedaan pengembangan efikasi diri kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada taraf kepercayaan 5% dilihat dari pengukuran akhir (postes). Dari penelitian didapat bahwa setelah diimplementasikan kedua tipe tersebut secara umum kedua tipe tersebut memberikan pengaruh terhadap pengembangan efikasi diri peserta didik. Oleh karena efikasi diri peserta didik dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif, maka model pembelajaran kooperatif tipe strukturalThink Pair Share dapat dijadikan alternatif pembelajaran dalam mata pelajaran ekonomi. 
Daftar Isit_ips_1008840_table_of_content.pdf
Bab It_ips_1008840_chapter1.pdf
Bab IIt_ips_1008840_chapter2.pdf
Bab IIIt_ips_1008840_chapter3.pdf
Bab IVt_ips_1008840_chapter4.pdf
Bab Vt_ips_1008840_chapter5.pdf
Daftar Pustakat_ips_1008840_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment