There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, January 13, 2013

Download Tesis IPS : INTERNALISASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PROSES PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ISLAM DI INDONESIA


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kondisi nyata dilapangan, bahwa, dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), banyak ditemukan hal-hal yang sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran maupun prestasi belajar peserta didik. Pembelajaran dalam IPS diperlukan seorang sosok pendidik yang cakap secara disiplin ilmu maupun wawasan yang luas serta peka terhadap situasi dan kondisi kehidupan global. Dengan demikian maka perlu ada internalisasi nilai-nilai kewirausahaan, yang disajikan dalam pembelajaran IPS agar dapat memberikan hasil belajar yang maksimal dan bermakna serta dapat menanamkan nilai-nilai kepribadian yang jujur, berani, cerdas, disiplin mandiri dan bertangungjawab.

 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana menginternalisasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam pengembangan pembelajaran IPS pada materi proses perkembangan kebudayaan Islam di Indonesia, dikelasVIIsemester 2 pada MTs Mathla’ul Anwar Kota Pontianak. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Obyek kajiannya meliputi nilai-nilai kewirausahaan dengan segala aspeknya serta materi pembahasan yang terkait dengan konsep IPS dan proses pembelajaran IPS terpadu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang telah dilaksanakan secara umum masih bersifat pembelajaran yang berorientasi pada guru (teacher centered). Guru pada umumnya belum memahami dengan benar kurikulum yang menjadi pedoman dalam pembelajaran IPS. Selain itu juga guru kurang mengetahui dengan luas tentang nilai-nilai kewirausahaan yang harus diberikan dan ditanamkan pada peserta didik. Mereka juga kurang dapat menyesuaikan isi materi pembelajaran IPS pada peserta didik serta kurang memahami keterpaduan IPS yang meliputi mata pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi dan Sosiologi dalam proses pembelajarannya. Dengan demikian mengakibatkan guru kurang kreatif untuk menginternalisasikan nilai-nilai kepribadian yang jujur, berani, cerdas, disiplin mandiri dan bertangungjawab pada peserta didik.

Selanjutnya studi ini merekomendasikan ihwal perlunya mengintegrasikan konsep-konsep nilai-nilai kewirausahaan  dalam proses pembelajaran IPS. Selain itu juga ditujukan kepada guru agar memanfaatkan semua sarana dan prasarana sebagai sumber belajar sehingga pembelajaran akan lebih bervariatif guna membangkitkan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan penguasaan konsep materi pembelajaran IPS. Oleh karena itu dukungan dari pihak sekolah, masyarakat serta instansi terkait sangat diperlukan.
Daftar Isit_ips_0909603_table_of_content.pdf
Bab It_ips_0909603_chapter1.pdf
Bab IIt_ips_0909603_chapter2.pdf
Bab IIIt_ips_0909603_chapter3.pdf
Bab IVt_ips_0909603_chapter4.pdf
Bab Vt_ips_0909603_chapter5.pdf
Daftar Pustakat_ips_0909603_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment