Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, August 13, 2012

Download Skripsi Psikologi: Konsep Diri Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Fenomena KDRT merupakan fenomena ‘gunung es’ yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Banyak diantara para korban KDRT yang memutuskan untuk bercerai, namun tidak sedikit pula yang memutuskan untuk tetap bertahan dalam perkawinannya walaupun ia mengalami KDRT. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh data deskriptif mengenai konsep diri korban KDRT yang berada di wilayah sampel penelitian. Dan secara khusus, penelitian ini akan mengkaji lebih jauh mengenai alasan para korban KDRT tersebut untuk terus bertahan dalam perkawinannya.

Teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini adalah Self Concept Theory dari John Hattie. Teori ini membagi konsep diri individu ke dalam tiga aspek, yaitu deskripsi diri, ekspektasi diri, serta preskripsi diri individu. Serta beberapa teori yang menunjang penelitian ini, diantaranya mengenai KDRT, dan kajian mengenai perempuan yang bertahan dalam perkawinannya.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Fokus pada penelitian ini adalah konsep diri perempuan korban KDRT yang memutuskan untuk bertahan dalam perkawinannya. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua orang yang memenuhi karakteristik subjek dari penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan disertai observasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai pengambil data di lapangan dengan pedoman wawancara semi terstruktur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua subjek mempersepsikan dirinya sebagai seseorang yang tidak dapat merubah keadaan. Sehingga KDRT yang dialaminya dirasionalisasikan sebagai cobaan yang harus diterima dan dihadapi dengan sabar. Dengan demikian, berdasarkan analisis konsep diri, alasan mereka untuk tetap bertahan dalam perkawinannya adalah ketidakberdayaan (Helplessness).
Daftar Isi
Bab I s_psi_043174_chapter1.pdf
Bab II s_psi_043174_chapter2.pdf
Bab III s_psi_043174_chapter3.pdf
Bab IV s_psi_043174_chapter4.pdf
Bab V s_psi_043174_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_psi_043174_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

1 comment:

aizat said...

maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang konsep diri wanita
berikut linknya :
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3518/1/JURNAL_2.pdf
semoga bermanfaat :)

Post a Comment