Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, August 12, 2012

Kontribusi Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah


Potensi ekonomi daerah sangat menentukan dalam upaya meningkatkan kemampuan keuangan daerah bagi penyelenggaraan otonomi daerah. Salah satu komponen pajak daerah yang berlaku pada tingkat Kabupaten/Kota adalah pajak reklame. Sebagai salah satu unsur penerimaan daerah, perlu dilakukan penilaian terhadap penerimaan pajak ini untuk mengetahui keberhasilan pemerintah daerah terutama Dinas Pendapatan Daerah dalam melaksanakan tugasnya. Dalam mengukur keberhasilan penerimaan pajak, suatu instansi selama ini masih menggunakan sistem target yakni perbandingan antara rencana anggaran dan realisasi penerimaan. Penggunaan tolak ukur ini masih belum menggambarkan keberhasilan penerimaan pajak yang sesungguhnya. Perlu adanya suatu penilaian yang lebih komprehensif dalam menilai keberhasilan penerimaan pajak reklame di Kabupaten Bandung dan kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga penerimaannya dapat lebih ditingkatkan lagi.

Berdasarkan uraian di atas maka dirasakan perlu dilakukan analisis yang menyangkut kontribusi penerimaan pajak reklame terhadap PAD selama lima tahun terakhir yakni tahun 2003 hingga tahun 2007 di Kabupaten Bandung yang akan difokuskan pada masalah-masalah meliputi laju pertumbuhan, daya pajak, efisiensi, efektivitas dan elastisitas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerimaan Pajak reklame, gambaran Pendapatan Asli Daerah serta melihat kontribusi penerimaan pajak reklame terhadap PAD di Kabupaten Bandung tahun 2003-2007. Populasi dalam penelitian ini adalah PAD Kabupaten Bandung tahun 2003 sampai dengan tahun 2007. Metode yang digunakan adalah explanatory survei dengan jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif, serta desain penelitian time series design. Untuk menghitung analisis rasio penerimaan pajak reklame dan kontribusinya terhadap Pendapatan Asli daerah digunakan rumus perhitungan perpajakan.    

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis rasio pajak reklame Kabupaten Bandung dari tahun 2003 sampai tahun 2007, rasio laju pertumbuhan dan tax effort pajak reklame dikategorikan menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bandung belum berhasil menggali pajak reklame secara maksimal dan terjadi inefisiensi, sedangkan rasio efektivitas pajak reklame pertahun tergolong sangat efektif. Hasil analisis rasio laju pertumbuhan PAD dikategorikan bahwa Kabupaten Bandung tidak berhasil mengumpulkan PAD secara maksimal, sedangkan hasil analisis rasio Elastisitas PAD dengan menggunakan PDRB atas dasar harga berlaku maupun harga konstan, keduanya menunjukkan hal yang sama yaitu elastis terhadap PDRB. Sedangkan, kontribusi penerimaan pajak reklame terhadap total PAD di Kabupaten Bandung tahun 2003 sampai tahun 2007 menunjukkan nilai yang berfluktuasi dan tidak mengalami peningkatan yang cukup signifikan tiap tahunnya dan tergolong sangat kurang.
Daftar Isis_mbs_044300_table_of_content.pdf
Bab Is_mbs_044300_chapter1.pdf
Bab IIs_mbs_044300_chapter2.pdf
Bab IIIs_mbs_044300_chapter3.pdf
Bab IVs_mbs_044300_chapter4.pdf
Bab Vs_mbs_044300_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_mbs_044300_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

1 comment:

tulisanpunberceritaaa** said...

kita juga punya nih jurnal mengenai pajak reklame, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5084/1/presentasi%20skripsi.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Post a Comment