There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, August 25, 2012

Download Skripsi Sejarah: Pembelajaran Ips-Sejarah Dengan Penggunaan Teknik Teka-Teki Silang


Skripsi ini berjudul Pembelajaran IPS-Sejarah Dengan Penggunaan Teknik Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas dikelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Bandung). Tulisan ini didasari pemikiran bahwa pelajaran sejarah umumnya kurang disenangi siswa karena dianggap menjenukan. Dengan menggunakan teknik teka-teki silang dalam pembelajaran sejarah, siswa tidak lagi akan merasa jenu karena mereka dilibatkan dalam sebuah permainan yang bersifat mendidik.    

    Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Teknik pengumpulan data tersebut digunakan untuk memperoleh data-data mengenai aktivitas guru dan siswa baik pada saat pra penelitian maupun selama pelaksanaan tindakan, untuk memperoleh informasi, respon dan tanggapan siswa pada saat pra penelitian maupun selama pelaksanaan tindakan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam empat siklus. Setiap siklus terdiri dari satu tindakan. Tahapan-tahapan yang dilaksanakan dilapangan adalah dimulai dari perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting).

    Hasil tindakan menunjukan adanya perubahan-perubahan yang lebih baik setelah pembelajaran sejarah dengan menggunakan teknik teka-teki silang berlangsung, dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya yang tidak menggunakan teknik teka-teki silang. Terdapat peningkatan-peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran yang diikuti oleh peningkatan  hasil belajar yang dapat dilihat dari hasil tes yang diberikan. Selain itu peningkatan hasil belajar siswa juga nampak dari perubahan perilaku siswa yang menjadi lebih baik dalam hal kemandirian. Siswa sudah mulai terbiasa untuk mencari sendiri sumber-sumber lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran sejarah, selain buku pegangan siswa atau sumber-sumber belajar lain yang diberikan oleh guru.

    Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah, bahwa kegiatan pembelajaran sejarah dengan menggunakan teknik teka-teki silang sudah dapat diterima dengan baik oleh siswa. Hal tersebut terjadi karena terdapat peningkatan aktifitas siswa dalam setiap tindakan yang dilakukan, serta peningkatan nilai yang diperoleh siswa setelah diberikan tes. Antusiasme siswa sangat baik karena pada umumnya siswa menyukai teka-teki silang. Pembelajaran sejarah dengan menggunakan teknik teka-teki silang telah mampu mengurangi kesan negatif siswa terhadap pelajaran sejarah yang pada awalnya dianggap membosankan.
Daftar Isis_sej_034721_table_of_content.pdf
Bab Is_sej_034721_chapter1.pdf
Bab IIs_sej_034721_chapter2.pdf
Bab IIIs_sej_034721_chapter3.pdf
Bab IVs_sej_034721_chapter4.pdf
Bab Vs_sej_034721_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_sej_034721_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

1 comment:

Anonymous said...

kenapa gk bisa di download ya gan

Post a Comment