Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, May 24, 2013

Download Skripsi Gratis Teknik Informatika : Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Gangguan Autisme Secara Dini Pada Anak

Beberapa tahun terakhir peningkatan yang cukup tajam terlihat dalam gangguan perkembangan autisme. Autisme merupakan gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak, seperti mengalami kesulitan memahami bahasa dan berkomunikasi verbal. Gejalanya mulai tampak sebelum anak tersebut mencapai usia 3 tahun. Gangguan interaksi sosial dan sikap anak sedikit banyak mencerminkan perlakuan yang di terima dalam lingkungan rumah. Sehingga Allah Swt. menganjurkan kepada umat manusia untuk senantiasa menjaga dan mendidik anak dengan kasih sayang dan perlindungan yang baik agar anak-anak tersebut menjadi anak yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Karena anak juga merupakan penyemangat hati orang tua, dalam firman Allah Swt. Al-Quran surat Al-Furqaan/25:74, yang artinya :
”Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (Kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”(Al-Furqaan/25 : 74).
Kata-kata Qurrah A’yun dalam ayat tersebut, menunjukan anak atau generasi yang kuat. Bahkan islam mengajarkan kepada manusia untuk melahirkan generasi atau anak yang mampu menjadi pemimpimpin bagi mereka yang kuat (imâmân li al- muttaqin). Karena anak yang sedang mengalami autisme adalah wajib bagi orang tua untuk mengobatinya.Anak autisme dapat berkembang secara optimal apabila gejala autisme dapat dideteksi sejak dini dan kemudian dilakukan penanganan yang tepat dan intensif, akan tetapi terkadang pengetahuan orang tua mengenai gangguan autisme ini masih sangat terbatas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat sistem pakar yang mampu mendiagnosa serta memberikan solusi untuk gangguan autisme secara dini pada anak usia dua bulan hingga lima tahun. Pembuatan sistem pakar ini menggunakan pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Dengan metode inferensi yang digunakan adalah forward chaining, dimana prosentase didapatkan dari perhitungan menggunakan probabilitas klasik yaitu peluang P(A) dengan A adalah gejala per usia, n adalah total banyaknya gejala per usia, serta nA merupakan banyaknya hasil mendapatkan A sehingga di dapatkan prosentase tiap gejala untuk usia 2 bulan-1 tahun dan 1-2 tahun adalah 11,11%, usia 2-3 tahun adalah 8,33% sedangkan usia 3-5 tahun adalah 5,88% serta solusi mengenai terapi dan materi berdasarkan usia anak.
Hasil pengujian yang berdasarkan kuisioner menunjukan bahwa, aplikasi ini membantu pengguna dalam mendapatkan informasi, melakukan proses diagnosa gangguan autisme pada anak serta pemilihan terapi dan materi yang sesuai. Hal ini diperoleh dari sepuluh orang responden yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi.
File Download
Abstrak-File.pdf Abstrak-File.ps
Full Text.pdf Full Text.ps


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment