Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, May 30, 2013

Download Skripsi Gratis Teknik Informatika : Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Geografis Drainase Kota Barabai Sebagai Model Acuan Untuk Penanggulangan Banjir


Banjir Dalam AlQur’an digambarkan lebih sebagai teguran daripada musibah oleh Allah SWT. Kepadamanusia sebagaimana dijelaskan dalam alQur’an surah Saba’/34: 16, “Tetapi mereka berpaling, Maka kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohonpohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr” (Qs. Saba’/34:16). Kawasan kota Barabai yang selama ini dikenal sebagai kawasan yang bebas banjir, sejak tahun 1983 sampai saat sekarang selalu menjadi langganan banjir setiap musim hujan tiba atau setiap kali hujan deras melanda daerah barabai dan sekitarnya. Seringnya terjadi banjir di kawasan ini sangat mengganggu kehidupan masyarakat. Sehingga menjadi permasalahan tersendiri bagi pemerintah daerah, beserta seluruh masyarakat untuk menanggulanginya. Hal ini terjadi karena tidak adanya sistem drainase yang dapat mengalirkan air dari kawasan perkotaan menuju aliran sungai. Sehingga air yang seharusnya dialirkan ke sungai, menumpuk di daerah perkotaan menyebabkan kawasan tersebut tergenang banjir. Selain itu, ada beberapa kawasan yang berada lebih rendah dari aliran sungai menyebabkan air yang menggenangi daerah tersebut tidak dapat dialirkan ke sungai, solusi permasalahan yang terjadi adalah air tersebut dialirkan ke daerah persawahan yang berada dipinggiran kota.
Melihat keadaan tersebut, salah satu cara untuk menanggulangi permasalahan banjir yang selama ini terjadi adalah dengan membuat sistem drainase yang mengatur aliran air sekitar kota Barabai. Jadi apabila hujan tiba, air dapat langsung dialirkan menuju sungai atau daerah persawahan melalui sistem drainase yang dibuat. Seiring dengan kemajuan teknologi sekarang, sistem drainase dapat dimodelkan dengan sistem informasi geografis. Dalam skripsi ini akan dibangun sebuah sistem informasi geografis yang dibuat berbasis web yang dapat memberikan gambaran kawasan yang tergenang banjir, arah aliran air hujan, saluran drainase serta arah aliran air yang melewatinya serta dimensi drainase yang sesuai dan efektif untuk mengalirkan air dan dapat dijadikan model untuk pembuatan sistem drainase yang dapat memebebaskan kota Barabai dari bahaya banjir. Sistem informasi geografis ini menggunakan AlovMap sebagai framework, aplikasi untuk menampilkan peta di WebBrowser. AlovMap menggunakan XML sebagai media untuk mengatur tampilan peta yang dieksekusi oleh AlovMap. Bahasa pemrograman PHP digunakan oleh AlovMap untuk mengeksekusi aplikasi ini sehingga dapat berjalan di web browser.

File Download
Abstrak-File.pdf Abstrak-File.ps
Full Text.pdf Full Text.ps


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment