Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, May 24, 2013

Download Skripsi Gratis Teknik Informatika : Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Epilepsi (Ayan) Berbasis Website

Perkembangan gangguan epilepsi dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan terutama di Negara berkembang. Epilepsi adalah gangguan susunan saraf pusat (SSP) yang dicirikan oleh terjadinya serangan (seizure, fit, attack, spell) yang bersifat spontan (unprovoked) dan berkala. Serangan epilepsi terjadi apabila proses eksitasi di dalam otak lebih dominan dari pada proses inhibisi. Serangan epilepsi akan muncul apabila sekelompok kecil neuron abnormal mengalami depolarisasi yang berkepanjangan berkenaan dengan cetusan potensial aksi secara cepat dan berulanng-ulang. Serangan epilepsi dapat dibagi menjadi dua ketegori yaitu serangan parsial dan serangan umum. Apabila awal serangan hanya melibatkan area otak yang terbatas (localized) maka serangan epilepsi disebutkan sebagai serangan parsial. Sementara itu apabila awal serangan melibatkan kedua hemisferium otak maka serangan epilepsi disebut sebagai serangan umum.
Penderita epilepsi dapat berkembang secara optimal apabila gejala epilepsi dapat dideteksi sejak dini dan kemudian dilakukan penanganan yang tepat dan intensif, akan tetapi terkadang pengetahuan penderita, orang tua atau keluarga pasien mengenai gangguan epilepsi ini masih sangat terbatas. Proses kesembuhan membutuhkan waktu yang sangat lama dan bertahap sehingga orangtua atau keluarga perlu memberikan dorongan kesabaran yang tersirat dalam Al-Qur’an surat Luqmân ayat 17 yang artinya “Hai anakku, Dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan Bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat sistem pakar yang mampu mendiagnosa serta memberikan solusi yang tepat dan cepat terhadap gangguan epilepsi. Pembuatan sistem pakar ini menggunakan pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Metode inferensi yang digunakan adalah forward chaining, yaitu proses inferensi yang memulai pencarian dari premis atau data masukan berupa gejala menuju pada konklusi yaitu kesimpulan jenis gangguan serta solusi mengenai obat dan terapi.
Hasil pengujian berdasarkan data di RSUD Dr. Saiful Anwar menyatakan bahwa, program sangat akurat dalam memberikan informasi dan hasil diagnosa gangguan epilepsi, dan dapat dikatakan layak untuk digunakan, serta mempunyai desain tampilan yang menarik, sehingga membantu pengguna dalam mendapatkan informasi, melakukan proses diagnosa gangguan epilepsi serta pemilihan terapi dan materi yang sesuai.
File Download
Abstrak-File.pdf Abstrak-File.ps
Full Text.pdf Full Text.ps


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment