Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, May 9, 2013

Download Skripsi PAI : Peran Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler

Peran Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Malang I
Penulis:Arif Maulana
Tahun:2010
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Drs. H. Asmaun Sahlan, M.Ag..  
Kata Kunci:Peranan, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Ekstrakurikuler, Keagamaan

Pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler dalam dunia sekolah ditujukan untuk menggali dan memotivasi siswa dalam bidang tertentu. Karena itu, aktivitas kegiatan ekstrakurikuler harus disesuaikan dengan hobi serta kondisi siswa. Sedangkan tujuan kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk membantu dan meningkatkan pengembangan wawasan anak didik khusus dalam bidang Pendidikan Agama Islam, kegiatan ekstrakurikuler juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.
Sebagian pendidik barat memandang bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan sarana langsung dalam proses belajar mengajar sehingga mereka memasukkannya dalam materi kurikulum yang akan diajarkan. Biasanya, kegiatan ekstrakurikuler disusun bersamaan dengan penyusunan kisi-kisi kurikulum dan materi pelajaran. Itu artinya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelajaran sekolah dan kelulusan siswapun dipengaruhi oleh aktivitasnya dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut.
Penelitian ini menggunkan pendekatan Deskriptif-Kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengungkapkan daya deskriptif dari informasi tentang apa yang mereka lakukan, rasakan, dan apa yang mereka alami terhadap fokus penelitian. Data penelitian yang diperoleh tersebut akan dikemas dengan tiga teknik: teknik Wawancara, teknik Observasi, teknik Dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui tiga tahap yaitu: pengumpulan data, proses pemilihan dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MAN Malang I sebagai penunjang terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan mengacu pada pencapaian visi dan misi untuk pengembangan nilai, moral, etika, dan estetika yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan pengalaman-pengalaman pada peserta didik. Hal ini dikarenakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan pengetahuan keagamaan bagi siswa. Diantara kegiatan tersebut adalah sholat fardhu dhuhur dan ashar berjamaah, shalat khitobah dua bahasa, shalat Jum’at, keputrian, amal Jum’at, piket dan adzan, kajian Islami, rapat khusus keagamaan, tadarus dan khataman Al-qur’an, Peringatan Hari Besar Islam (peringatan nuzulul qur’an, peringatan idul adha, peringatan maulid nabi, peringatan 1 muharom, peringatan isra’ mi’raj, pengumpulan zakat fitrah), pondok ramadhan dan pesantren kilat, halal bihalal, istighosah, diklat bedge dan ziarah wali, dakwah banner, perawatan alat, pelatihan MC dan khitobah. (2) Peran wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dalam melaksanakan fungsinya sebagai wakil kepala sekolah terutama pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MAN Malang I, adalah pada bimbingan, arahan, pemantapan, peningkatan, arahan terhadap pola pikir, sikap mental, perilaku serta minat bakat dan keterampilan ara siswa melalui program ekstrakurikuler dalam mendukung keberhasilan program kurikuler, (3) Faktor kendala dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan MAN Malang I diataranya adalah kendala yang timbul dari intensitas anggota untuk berperan aktif di dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Faktor anggota dalam menentukan pilihan kegiatan ekstrakurikuler lebih dari satu pilihan menjadikan kurang maksimalnya kehadiran anggota kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Kendala selanjutnya yang muncul adalah kendala yang datang dari pelatih, khususnya pada shalawat nabi, (4) Solusi untuk menghadapi kendala yang dihadapi wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, maka beberapa pihak yang memiliki andil untuk mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler memberikan masukan dan saran untuk saling bekerjasama ke depannya. Diantaranya mengatur jadwal kegiatan ekstrakurikuler keagamaan secara efektif, mendatangkan pelatih yang berpengalaman, dan mengkoordinasikan pembina kegiatan ekstrakurikuler keagamaan agar lebih meningkatkan kerjasama.
Keagamaan


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment