Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, May 9, 2013

Download Skripsi PAI : Peranan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sarana Prasarana Lembaga Pendidikan Islam

Peranan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sarana Prasarana Lembaga Pendidikan Islam di Sekolah Amanasak, Pattani,Thailand)
Penulis:Ni Abdunloh Nideha
Tahun:2010
Fakultas:Tarbiyah
Jurusan:Pendidikan Agama Islam
Pembimbing:1) Dr. H.Nur Ali, M. Pd.  
Kata Kunci:Kepala Sekolah, Sarana Prasarana, Lembaga Pendidikan Agama Islam

Mengelola dan mengembangkan sarana prasarana sekolah menjadi maju dan bermutu terletak pada mutu warga sekolah, misalnya kepala sekolah, guru, staf administrasi, siswa, masyarakat serta iklim dan kultur disekitarnya. Untuk mengelola sekolah, diperlukan kepala sekolah yang dapat mengatur seluruh potensi sekolah agar berfungsi dengan baik untuk mendukung tercapainya tujuan sekolah. Dalam realitanya, lembaga-lembaga pendidikan Islam di Thailand masih kurang perhatian dari pemerintah Thailand sendiri salah satu alasan dikarenakan oleh jumlah penduduk Thailand yang beragama Islam sangat minoritas. Realita tersebut manimbulkan sebuah masalah yaitu kurang berkembangnya sekolahsekolah Islam di Thailand dibanding dengan sekolah-sekolah Islam di Thailand. Untuk mengatasi masalah tersebut maka timbullah sebuah solusi dengan mengkaji kembali peranan kepala sekolah dalam pengembangan sarana prasarana lembaga pendidikan Islam dengan memfokuskan obyek penelitian di sekolah Amanasak, Pattani, Thailand.
Berpijak dari realita dan masalah di atas maka penulis merumuskan masalah tentang bagaimana peranan dan upaya-upaya kepala sekolah dalam pengembangan sarana prasarana lembaga pendidikan Islam di sekolah Amanasak, Pattani, Thailand. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesripsikan peran dari kepala sekolah dalam pengembangan sarana prasarana sekolah Amanasak, Pattani, Thailand serta untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah agar sarana prasarana lembaga pendidikan Islam di sekolah Amanasak, Pattani, Thailand dapat terus berkembang dan bertahan di masa yang akan datang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis dengan teknik Deskriptif. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data teknik yang digunakan yaitu perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan ketekunan pengamatan.
Setelah diadakan penelitian tersebut maka hasilnya adalah bahwa (1) Dalam pengembangan sarana prasarana di Sekolah Amanasak, terbukti bahwa adanya peran kepala sekolah yang sangat vital untuk perkembangan sekolah selanjutnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman. Peran yang dilakukan oleh kepala Amanasak Pattani khususnya untuk mengembangkan sarana prasarana adalah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator bagi seluruh personil sekolah. Peran tersebut dijalankan semaksimal mungkin dengan penuh tanggungjwab supaya semua perangkat sekolah dapat berjalan bersama-sama mengembangkan sekolah Amanasak, terutama di bidang sarana prasarana.(2) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di Amanasak Pattani, adalah dengan mengefisienkan pengeluaran sekolah, menciptakan kerjasama dengan masyarakat, membuat sistem pemeliharaan sarana prasarana, dan membentuk karakter civitas akademik untuk tetap memelihara dan menjaga sarana prasarana sekolah.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment