Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, August 12, 2013

Download Skripsi Gratis Biologi : PENGARUH LAMA FERMENTASI DAN KONSENTRASI RAGI TAPE TERHADAP KADAR BIOETANOL DARI LIMBAH PATI SUWEG Amorphophallus campanulatus BI.) PADAT KERING

Suweg adalah umbi yang banyak diolah menjadi pati. Pengolahan suweg menjadi pati menghasilkan limbah. Limbah pati suweg merupakan bahan pangan sumber energi yang masih mengandung serat kasar dan pati. Nilai ekonomis limbah pati suweg masih rendah dan dapat mengakibatkan polusi, sehingga perlu adanya upaya penanganan limbah pati suweg yaitu diproses dengan cara fermentasi dan destilasi sehingga dapat menghasilkan bioetanol. Pada proses fermentasi, digunakan ragi tape sebagai inokulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi terhadap kadar bioetanol dari limbah pati suweg padat kering, pengaruh konsentrasi ragi tape terhadap kadar bioetanol dari limbah pati suweg padat kering serta pengaruh interaksi lama fermentasi dan konsentrasi ragi tape terhadap kadar bioetanol dari limbah pati suweg padat kering.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial terdiri dari dua faktor dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah lama fermentasi (5 hari, 7 hari, 9 hari). Faktor kedua adalah konsentrasi ragi tape (3 gram / 20 gram sampel, 5 gram / 20 gram sampel, 7 gram / 20 gram sampel). Data yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan penentuan pH, kadar gula reduksi dan kadar bioetanol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varian (anava) dengan taraf signifikan 5%, apabila terdapat perbedaan, dilanjutkan dengan Uji Jarak Duncan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh lama fermentasi dan konsentrasi ragi tape terhadap kadar bioetanol dari limbah pati suweg padat kering. Kadar bioetanol untuk lama fermentasi tertinggi diperoleh pada lama fermentasi 9 hari yaitu mencapai nilai rata-rata 3,74%. Kadar bioetanol terendah diperoleh pada lama fermentasi 5 hari mencapai nilai rata-rata 1,71%. Kadar bioetanol tertinggi untuk konsentrasi ragi tape diperoleh pada konsentrasi ragi tape 7 gram / 20 gram sampel mencapai nilai rata-rata 3,74%. Kadar bioetanol terendah diperoleh pada konsentrasi ragi tape 3 gram / 20 gram sampel mencapai nilai rata-rata 1,71%. Kadar bioetanol tertinggi untuk lama fermentasi dan konsentrasi ragi tape diperoleh pada lama fermentasi 9 hari dengan konsentrasi ragi tape 7 gram / 20 gram sampel nilai rata-rata yang diperoleh 3,74%. Kadar bioetanol terendah interaksi lama fermentasi dan konsentrasi ragi tape diperoleh pada lama fermentasi 5 hari dengan konsentrasi ragi tape 3 gram / 20 gram sampel nilai rata-rata yang diperoleh 1,71%.



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment