Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, August 11, 2013

Download Skripsi Gratis Biologi : Pengaruh Lama dan Suhu Penyimpanan Tepung Cacing Tanah (Lumbricus rubellus) Terhadap Penghambatan Bakteri Salmonella Typhi.

Cacing tanah dianggap menjijikkan karena tubuhnya banyak mengandung lendir sehingga masyarakat jarang yang mau mengkonsumsinya sebagai obat. Disisi lain cacing tanah Lumbricus rubellus diyakini sangat berkhasiat untuk penyembuhan berbagai penyakit yang berhubungan dengan demam dan tifus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Untuk mempermudah pengobatan, menggunakan cacing tanah, maka dibuatlah tepung yang bahan dasarnya dari cacing tanah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suhu penyimpanan dan lama penyimpanan yang optimal untuk pembuatan tepung cacing yang berguna dalam pengobatan penyakit typhoid fever.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 (dua) factor 5 kali ulangan. Faktor pertama adalah variasi suhu penyimpanan tepung cacing Lumbricus rubellus. Faktor kedua adalah lama penyimpanan tepung cacing tanah Lumbricus rubellus. Data dianalisis dengan perhitungan Analisis Varians (Two Way ANOVA) jika menunjukkan beda nyata maka diuji lanjut dengan uji BNJ 5%.
Uji F pada hasil variasi penyimpanan tepung cacing tanah menunjukkan Fhitung > Ftabel (0,05) yaitu 1433.65 > 34.36 Pada lama penyimpanan tepung cacing tanah menunjukkan Fhitung > Ftabel (0,05) yaitu 201.39 > 3.49 tetapi pada hasil variasi suhu penyimpanan didapatkan hasil yang tidak beda nyata, suhu penyimpanan yang terbaik adalah pada suhu ruangan ± 26 oC. dan sedangkan pada lama penyimpanan tepung cacing tadah didapatkan hasil yang beda nyata juga dengan penyimpanan terbaik 0 hari.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment