Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, August 15, 2013

Download Skripsi Gratis Biologi : UJI VIABILITAS BAKTERI INDIGENOUS AIR RENDAMAN KENAF (Hibiscus cannabinus L.) DALAM MEDIA BEKATUL DAN LAMA PENYIMPANAN DENGAN METODE FREEZE-DRYING

Bakteri indigenous digunakan untuk membantu menguraikan serat pada tanaman kenaf  (retting  kenaf).  Selama  penyimpanan,  bakteri  indigenous  tetap  membutuhkan media yang  mengandung nutrisi agar tetap hidup. Kandungan gizi yang masih tinggi membuat bekatul memiliki potensi menyediakan nutrisi bagi bakteri pada waktu disimpan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, dan metode freeze-drying dilakukan karena mampu menyimpan bakteri dalam waktu yang lama dan yang mempunyai kelebihan yaitu viabilitas  dari  bakteri  masih   tinggi,   meskipun  disimpan  dalam  waktu  yang  lama. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  viabilitas bakteri indigenous air  rendaman kenaf selama penyimpanan dalam media bekatul dengan metode freeze-drying.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen secara deskriptif dan   dilaksanakan   pada   bulan   Maret   sampai   November   2011   di   Laboratorium Mikrobiologi jurusan Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk pembuatan media  dan  penanaman  mikroorganisme.  Untuk  proses  freeze-drying  dilaksanakan  di Laboratorium  Jurusan  Nutrisi  dan  Pakan  Ternak  Fakultas Peternakan  Universitas Brawijaya dan Laboratorium Bioteknologi Jurusan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang. Viabilitas bakteri setelah penyimpanan minggu ke-8 media 1 (bekatul ditambah dengan  skim) lebih tinggi 40% jika dibandingkan dengan media 2 (bekatul ditambah dengan skim dan glukosa), media 1 yaitu 2,5x109  CFU/ml sedangkan pada media 2 yaitu 1,5x109  CFU/ml. Sehingga penggunaan media 1 lebih baik daripada media 2.



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment