Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 25, 2012

PTK PGSD : Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkungan Rumah Sehat


Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkungan Rumah Sehat (PTK)
: Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas I SDIT Nur Riyadh Kecamatan.Soreang Kabupaten.Bandung Tahun Ajaran 2011-2012

Latar Belakang PTK Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Aktivitas dan hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode diskusi  berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswanya rendah yaitu hanya 4,68 termasuk kategori di bawah nilai rata-rata (5) artinya kurang memuaskan, dalam aktivitas belajar sebelum menggunakan metode diskusi siswa belajar belum terarah, kurang berpartisipasi pada kegiatan pembelajaran dan tidak ada kerjasama antar siswa dalam belajar. Sedangkan hasil belajar siswa  dilihat dari nilai rata-rata hasil ulangan harian siswa pada materi pelajaran yang diberikan sebelumnya dibawah nilai KKM (75) sebesar 64,33 di bawah nilai KKM, sedangkan yang tuntas mencapai target nilai KKM sebesar 61,90%, dan yang tidak tuntas sebesar 38,09%.

Metode Penelitian PTK Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Aktivitas dan hasil belajar PTK Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa siswa sesudah menggunakan metode diskusi dalam pokok bahasan Lingkungan Rumah Sehat pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode diskusi, hal ini dilihat berdasarkan  hasil pengamatan yang dilakukan observer dari  perbandingan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 7,17 dan pada siklus II 9,70. Sedangkan nilai rata-rata  hasil belajar pada siklus I  sebesar 83,81 dan pada siklus II 92,38. Siswa yang tuntas mencapai KKM pada siklus I sebesar 76,19%, pada siklus II sebesar 85,71%, sedangkan yang tidak tuntas mencapai KKM pada siklus  I sebesar 23,80% pada siklus II sebesar 14,28%.

Hasil Penelitian PTK Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
          Seberapa besar peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar PTK Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode diskusi pada pokok bahasan Lingkungan Rumah Sehat dapat dilihat dari perbandingan angka hasil penilaian observasi dan nilai rata-rata tes evaluasi. Aktivitas siswa dari sebelum ke sesudah menggunakan metode diskusi pada siklus I meningkat 2,49  dan dari siklus I ke siklus II meningkat 2,53. Sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata sebelum ke sesudah menggunakan metode diskusi pada siklus I meningkat 19,49 dan pada siklus II 8,57. Dan KKM yang tuntas dari sebelum ke sesudah menggunakan metode diskusi pada siklus I meningkat 9,52%, dari siklus I ke siklus II meningkat 14,29%. Artinya aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat pada pokok bahasan Lingkungan Rumah Sehat. Artinya aktivitas siswa dilihat dari produk dalam memahami konsep maupun dilihat dari performan dalam kerjasama dan partisipasi dalam kegiatan pembelajaran, serta hasil belajar yang dicapai siswa dengan  menggunakan metode diskusi pada pokok bahasan Lingkungan Rumah Sehat meningkat secara signifikan.


Daftar Isis_pgsd_0806160_table_of_content.pdf
Bab Is_pgsd_0806160_chapter1.pdf
Bab IIs_pgsd_0806160_chapter2.pdf
Bab IIIs_pgsd_0806160_chapter3.pdf
Bab IVs_pgsd_0806160_chapter4.pdf
Bab Vs_pgsd_0806160_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_pgsd_0806160_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment