Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, July 31, 2012

Download Skripsi Psikologi: Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Penelitian ini berangkat dari fenomena-fenomena perkembangan kecerdasan emosional anak-anak yang cenderung negatif. Misalnya dengan beberapa kasus percobaan bunuh diri oleh anak-anak, hal ini lebih disebabkan karena anak merasa tertekan dengan keadaan di sekitarnya, baik itu keadaan ekonomi yang mempengaruhi emosionalnya juga tuntutan-tuntutan dari orang-orang di sekitarnya, kemudian lebih dipicu kembali dengan ketidakharmonisan komunikasi antar anggota keluarga juga dengan orang-orang di sekitarnya. Secara teoritis masa anak-anak merupakan masa yang masih stabil emosinya sebelum datangnya masa pubertas. Agar perkembangan kecerdasan emosional anak semakin optimal, maka perlu disusun program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa SD. Masalah penelitian dirumuskan ke dalam beberapa pertanyaan penelitian mengenai: a) bagaimanakah profil kecerdasan emosional pada siswa kelas V SDN Sepanjang Jaya VI Bekasi tahun ajaran 2007/2008? b) bagaimanakah perbedaan profil kecerdasan emosional antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan di kelas V SDN Sepanjang Jaya VI Bekasi tahun ajaran 2007/2008? dan c) bagaimanakah rancangan program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan emosional  pada siswa kelas V Sepanjang Jaya VI Bekasi tahun ajaran 2007/2008? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian bertujuan untuk pengembangan program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa SD.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN Sepanjang Jaya VI Bekasi Tahun Pelajaran 2007/2008 yang diambil secara acak sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 71 orang.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa sebanyak 42,25% berada pada kategori tinggi dan 57,75% berada pada kategori sedang. Kecerdasan emosional siswa mayoritas berada pada kategori sedang cenderung tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional siswa dalam keadaan belum mencapai titik optimal dari kecerdasan emosional dan akan terus berkembang. Maka dengan itu diperlukan pembinaan dari guru pembimbing atau guru kelas untuk dapat mengembangkan kecerdasan siswa yang terangkum semuanya dalam suatu program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa sekolah dasar.

    Pengembangan program bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan emosional yang sedang. Hasil uji rasional program menunjukkan bahwa secara umum struktur dan isi program sudah representatif dan layak diberikan kepada siswa. Penyempurnaan program lebih pada penyempurnaan isi layanan, teknik layanan dan ketepatan media.

Peneliti merekomendasikan kepada sekolah, guru kelas, siswa, orang tua agar dapat melaksanakan program yang direkomendasikan dengan baik agar dapat mengembangkan kecerdasan emosional dengan optimal dalam setiap tahap perkembangannya.
Daftar Isi s_ppb_023871_table_of_content.pdf
Bab I s_ppb_023871_chapter1.pdf
Bab II s_ppb_023871_chapter2.pdf
Bab III s_ppb_023871_chapter3.pdf
Bab IV s_ppb_023871_chapter4.pdf
Bab V s_ppb_023871_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_ppb_023871_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment