There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, July 31, 2012

Download Skripsi Psikologi: Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Self Esteem Anak Jalanan

Penelitian mengenai Program Bimbingan untuk Mengembangkan Self Esteem Anak Jalanan (Studi terhadap Anak Jalanan di Harry Roesli Foundation –BandungTahun 2007/2008) dilakukan karena semakin banyaknya anak jalanan. Timpangnya pemenuhan kebutuhan dasar, mengakibatkan anak jalanan berada dalam situasi yang tidak mendukung untuk mengembangkan diri serta tumbuh dan  berkembang dengan optimal. Akibatnya mereka memiliki harga diri (self esteem) yang rendah. Mereka tidak memiliki perasaan aman untuk bertindak, mengalami pengalaman yang membentuk pemikiran negatif tentang diri anak, dan menerima penolakan. Untuk memfasilitasi perkembangan self esteem, mereka perlu program yang tepat, yakni program yang sesuai dengan kebutuhan mereka berkaitan dengan pengembangan self esteem. 

Dalam rangka penyusunan program bimbingan yang dimaksud, maka perlu dilakukan penelitian yang berjudul Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Self Esteem Anak Jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai profil self esteem anak jalanan dan self esteem harapan anak jalanan sebagai dasar dalam penyusunan program bimbingan. Manfaat dari penyusunan program yang dimaksud adalah program yang dapat memfasilitasi anak jalanan untuk mengungkapkan ketakutan, kecemasan dan keinginannya sehingga akan muncul kesadaran untuk mengembangkan diri yang akan mengarah pada pembentukan self esteem yang tinggi, agar dapat menata kembali kehidupannya ke arah yang lebih baik.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian secara spesifik dengan menggunakan angka statistik. Dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif yang digunakan bertujuan untuk mengungkap kebutuhan layanan bimbingan yang dibutuhkan.

Hasil Penelitian menunjukan bahawa profil self esteem anak jalanan di HRF  berada dalam kategori sedang. Profil self esteem pada aspek mencintai diri (self love) berada dalam kategori tinggi sedangkan aspek percaya diri berada dalam kategori sedang, sehingga percaya diri merupakan aspek yang harus diperhatikan untuk dikembangkan. Program bimbingan dirancang berdasarkan gambaran profil dan self eteem harapan anak jalanan. Secara keseluruhan, proses bimbingan untuk mengembangkan self esteem anak jalanan dapat menggunakan teknik dinamika kelompok dan individu dengan menggunakan pendekatan preventif dan pengembangan.

Program yang telah disusun dapat digunakan oleh pihak HRF untuk pengembangan self esteem anak jalanan yang berada di bawah naungannya.
Daftar Isi s_ppb_034354_table_of_content.pdf
Bab I s_ppb_034354_chapter1.pdf
Bab II s_ppb_034354_chapter2.pdf
Bab III s_ppb_034354_chapter3.pdf
Bab IV s_ppb_034354_chapter4.pdf
Bab V s_ppb_034354_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_ppb_034354_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment