Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, July 31, 2012

Download Skripsi Psikologi: Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Relasi Interpersonal

Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi dikalangan remaja akhir, terkait dengan adanya peran konsep diri terhadap relasi interpersonal teman sebaya. Permasalahan yang terjadi adalah masih banyaknya remaja akhir yang belum mampu menjalin relasi interpersonal teman sebaya dengan baik. Menjalin relasi interpersonal teman sebaya merupakan salah satu tugas perkembangan yang harus di selesaikan pada masa remaja, terlebih bagi seorang mahasiswa psikologi dimana dalam kesehariannya mempelajari tentang perilaku manusia yang nantinya diharapkan mampu menjalin relasi interpersonal dengan semua orang. Fenomena ini terjadi dimungkinkan dipengaruhi oleh adanya konsep diri yang negatif dari diri remaja tersebut, sehingga tidak mampu menjalin relasi interpersonal teman sebaya dengan baik.

    Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami seperti apa gambaran konsep diri dan relasi interpersonal teman sebaya pada remaja akhir usia 18-20 tahun (Mahasiswa Psikologi angkatan 2008) di jurusan Psikologi UPI, serta untuk mengetahui dan memahami ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan relasi interpersonal teman sebaya yang dialaminya.

Penelitian ini merupakan studi deskriptif analitik dengan metode korelasional, dimana untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan pengujian statistik parametrik dengan menggunakan metode uji korelasi product moment, dengan menetapkan taraf signifikansi sebesar 5%.

    Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan relasi interpersonal teman sebaya pada remaja akhir usia 18-20 tahun (Mahasiswa Psikologi angkatan 2008) di jurusan Psikologi UPI, dengan koefisien korelasi sebesar +0.588. Hal ini berarti bahwa semakin positif konsep diri yang dimiliki oleh seorang remaja maka semakin baik relasi interpersonal teman sebaya yang dijalin.

    Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa sebagian besar remaja akhir di jurusan Psikologi UPI memiliki konsep diri yang positif dan relasi interpersonal teman sebaya yang baik. Oleh karena itu untuk mempertahankan ataupun meningkatkan  kemampuan relasi interpersonal pada remaja akhir, sebaiknya pihak jurusan mengadakan acara ataupun training untuk meningkatkan kemampuan relasi interpersonal mahasiswanya, dan alangkah lebih baiknya jika pihak jurusan juga memfasilitasi mahasiswanya sebuah ruang konsultasi antara remaja akhir (mahasiswa) untuk konsultasi dengan dosen ataupun pihak yang berkompeten untuk mengatasi permasalahan mahasiswanya terlebih dalam hal konsep diri dan relasi interpersonal.
Daftar Isi s_psi_054705_table_of_content.pdf
Bab I s_psi_054705_chapter1.pdf
Bab II s_psi_054705_chapter2.pdf
Bab III s_psi_054705_chapter3.pdf
Bab IV s_psi_054705_chapter4.pdf
Bab V s_psi_054705_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_psi_054705_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment