Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, July 31, 2012

Download Skripsi Psikologi: Karakteristik Perilaku Sosial Siswa Smp

Penelitian ini berangkat dari fenomena perilaku sosial siswa SMP yang cenderung salah suai. Hal ini disebabkan oleh salah satunya kegagalan  mereka dalam menjalin hubungan sosial dengan teman sebayanya. Berdasarkan suatu penelitian lebih dari 40% remaja berinteraksi dengan teman sebaya dan menghabiskan waktunya 2 kali lebih banyak dengan teman sebaya. Berdasarkan  temuan tersebut jelaslah bahwa teman sebaya memiliki peranan yang penting dalam berperilaku sosial. Selain itu siswa SMP berada pada masa remaja yang berkembang sikap compermity yang dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Agar remaja dapat berperilaku sosial yang sesuai dengan tuntutan lingkungan, maka guru pembimbing harus memahami dulu karakteristik perilaku sosial yang nampak pada masa remaja, agar dalam memberikan bimbingan dapat efektif, tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhannya.

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh gambaran karakteristik perilaku sosial siswa SMP Negeri di Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2007- 2008. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran perbedaan karakteristik perilaku sosial kelas 7,8, dan 9 di kota Sukabumi. 

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif  dengan metode deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa SMP Negeri di Kota Sukabumi dengan cara  sistematik acak  dengan jumlah sampel sebanyak 476 orang.

Temuan penelitian menunjukkan 78,87% siswa SMP menggambarkan karakteristik saling berbagi dengan teman sebaya mengenai keyakinan dan minat sosial sedangkan  persentase yang rendah yaitu kurang membutuhkan (menolak) pengawasan dari orang tua (44,91%). Karakteristik perilaku sosial siswa SMP berdasarkan jenjang tingkatan kelas maupun berdasarkan letak geografis hampir memiliki kesamaan ada beberapa aspek yang memiliki persentase yang berbeda dengan selisih 20% keatas .

Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa karakteristik perilaku sosial siswa SMP Negeri adalah : a) waktu banyak dihabiskan dengan teman sebaya;  b) dalam berperilaku memiliki rujukan idola, yang dijadikan rujukan idola adalah aktris, orang tua, guru, tokoh pahlawan; c) ikut aktif berperanan dalam berbagai kegiatan kelompoknya; d) adanya keinginan mandiri; e)membutuhkan penerimaan sosial di masyarakat; e)saling berbagi dengan teman sebaya mengenai minat nilai-nilai yang ada dalam dirinya.

Peneliti merekomendasikan kepada guru pembimbing dalam melaksanakan kegiatan bimbingan Konseling sebaiknya memanfaatkan tutor sebaya agar lebih efektif. Kepada siswa agar memperhatikan penampilan diri, memahami kelebihan dan potensi yang milikinya. Kepada sekolah agar menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua. Kepada orang tua agar menjadi model sebagai contoh dalam berperilaku. Kepada penelitian selanjutnya agar melanjutkan penelitian ini dengan teknik yang lain dan tempat yang berbeda sebagai pebanding penelitian ini.
Daftar Isi s_ppb_0608943_table_of_content(2).pdf
Bab I s_ppb_0608943_chapter1(2).pdf
Bab II s_ppb_0608943_chapter2(2).pdf
Bab III s_ppb_0608943_chapter3(2).pdf
Bab IV s_ppb_0608943_chapter4(2).pdf
Bab V s_ppb_0608943_chapter5(2).pdf
Daftar Pustaka s_ppb_0608943_bibliography(2).pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment