Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, July 31, 2012

Download Skripsi Psikologi: Analisis Komunikasi Terapeutik Keluarga Terhadap Anggota Keluarga

Mutia Dwi Santika (0704949). ANALISIS KOMUNIKASI TERAPEUTIK KELUARGA TERHADAP ANGGOTA KELUARGA SKIZOFRENIA (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Anggota Keluarga yang Menjadi Caregiver Bagi Anggota Keluarga dengan Skizofrenia). Skripsi pada Jurusan Psikologi FIP UPI, Bandung (2011).Ketika ada satu anggota keluarga yang mengidap penyakit atau kelainan tertentu, orang yang pertama mengetahui, menjaga dan merawatnya adalah keluarganya. Karena itu, peran keluarga dalam perawatan kesehatan individu menjadi sangat vital. Keluarga yang hidup bersama dan merawat anggota keluarga yang mengidap skizofrenia harus memahami mengenai hal-hal tertentu yang mungkin tidak harus dipahami oleh keluarga yang merawat anggota keluarga dengan penyakit atau kelainan selain skizofrenia. Salah satu hal yang terlihat sepele namun menjadi sangat penting untuk dikuasai keluarga yang merawat anggota keluarga pengidap skizofrenia adalah keahlian berkomunikasi. Komunikasi yang dilakukan keluarga terhadap anggota keluarga skizofrenia dapat meminimalisir munculnya gejala kelainan skizofrenia dan sebaliknya komunikasi juga dapat merangsang timbulnya gejala kelainan pada anggota keluarga skizofrenia. Komunikasi yang dapat membantu proses pemulihan pasien atau anggota keluarga yang mengidap suatu penyakit atau kelainan dinamakan komunikasi terapeutik. Yang menjadi permasalahan adalah apakah keluarga yang merawat pasien skizofrenia memahami teknik berkomunikasi yang benar untuk pasien skizofrenia atau tidak. Karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gambaran komunikasi terapeutik yang dilakukan keluarga terhadap anggota keluarga dengan skizofrenia. Teori yang digunakan untuk mengetahui hal tersebut adalah teori komunikasi keluarga terhadap anggota keluarga skizofrenia dari Kim T. Mueser dan Susan Gingerich. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif yaitu wawancara dan observasi terhadap pasangan suami istri yang merawat adiknya yang didiagnosis skizofrenia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasangan tersebut belum sepenuhnya mengetahui dan melakukan komunikasi terapeutik yang seharusnya dilakukan terhadap pasien skizofrenia, sehingga gejala kelainan pada pasien skizofrenia seringkali muncul dan membuat pengobatan medis yang sedang diusahakan keluarga seakan tidak ada hasilnya. Kehadiran pasien skizofrenia dalam keluarga subjek juga menimbulkan dampak terganggunya komunikasi antar anggota keluarga, terganggunya usaha rekreasi keluarga, dan kemungkinan terjadinya modelling terhadap perilaku skizofrenia pada anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, keluarga yang merawat anggota keluarga dengan skizofrenia diharapkan dapat memahami kepentingan aspek komunikasi dalam merawat anggota keluarga skizofrenia dan menguasai keahlian berkomunikasi ketika berkomunikasi dengan anggota keluarga skizofrenia.
Daftar Isi s_psi_0704949_table_of_content.pdf
Bab I s_psi_0704949_chapter1.pdf
Bab II s_psi_0704949_chapter2.pdf
Bab III s_psi_0704949_chapter3.pdf
Bab IV s_psi_0704949_chapter4.pdf
Bab V s_psi_0704949_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_psi_0704949_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

3 comments:

Judul Skripsi Psikologi said...

mantap skripsi psikologinya gan .. izin sedot. salam kenal

Unknown said...

adidas outlet, http://www.adidasoutletstore.us.com/
toms outlet store, http://www.tomsoutlet-stores.com/
ghd uk, http://www.ghdhairstraightenerssale.co.uk/
tiffany and co, http://www.tiffany-outlet.us.com/
asics,asics israel,asics shoes,asics running shoes,asics israel,asics gel,asics running,asics gel nimbus,asics gel kayano
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglasses-wholesale.us.com/
coach outlet store, http://www.coachoutletonline-store.us.com/
michael kors outlet online, http://www.michaelkorsoutletonlinestores.us.com/
true religion jeans outlet, http://www.truereligionjeansoutlets.us.com/
beats by dre, http://www.beatsbydrdre-headphones.us.com/
chanel handbags outlet, http://www.chanelhandbags-outlet.us.com/
ray-ban sunglasses, http://www.rayban-sunglassess.us.com/
michael kors handbags, http://www.cheapmichaelkorshandbag.in.net/
michael kors outlet, http://www.michaelkorsfactoryoutlets.in.net/
michael kors wallet sale, http://www.michaelkorswallet.net/
karen millen uk, http://www.karenmillendressesoutlets.co.uk/
tiffany outlet, http://www.tiffanyjewelleryoutlets.co.uk/
michael kors handbags outlet, http://www.michaelkorshandbagsoutletstore.us.com/
chanel handbags outlet, http://www.chanelhandbagsoutlet.in.net/
1017

Pinoy Tv said...

I have read your amazing post. I’m a regular visitor to your site and appreciate you taking the time to keep the superb website.

Post a Comment