Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, July 30, 2012

Download Skripsi Psikologi: Faktor-Faktor Penyebab Stres Pada Siswa Sekolah Dasar

Penelitian ini berangkat dari kenyataan di lapangan bahwa anak usia sekolah terutama siswa kelas enam Sekolah dasar (SD) merupakan individu yang rentan mengalami stres. Hal tersebut terkait dengan berbagai perubahan pada diri siswa baik secara fisik, psikologis maupun sosial siswa yang sedang berada pada masa peralihan dari masa kanak-kanak akhir menuju masa pubertas atau berada pada periode pueral. Siswa kelas enam juga dihadapkan pada berbagai situasi dan tuntutan di luar dirinya seperti lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang tidak jarang menimbulkan stres pada siswa. 

Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini, yaitu memperoleh data empiris tentang: 1) gambaran umum kondisi stres pada siswa kelas enam, 2) gambaran kondisi stres setiap aspek pada siswa kelas enam, 3) faktor dominan penyebab stres pada siswa kelas enam, serta 4) gambaran faktor penyebab stres pada siswa kelas enam ditelaah dari butir pernyataan.

Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran instrumen angket berbentuk force choice (ya-tidak) untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab stres pada siswa SD kelas enam yang teruji validitas dan reliabilitasnya. Angket dikonstruksi oleh Herni Andriani pada tahun 2003 dan telah disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas enam SD (anak puer), angket terdiri dari 87 pernyataan. Subyek studi yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas enam di 10 buah SD yang ada di SDN Ujungberung Bandung tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 412 orang siswa sebagai populasi, sedangkan sampel ditentukan secara acak (random sampling) sebanyak 37,87% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 156 orang siswa. Pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: penyeleksian data, penyekoran, serta analisis hasil dengan cara mengelompokan data dan menggunakan teknik persentase.

Berdasarkan hasil perhitungan statistik, diperoleh data sebagai berikut:    1) secara umum siswa-siswi kelas enam di SDN Ujungberung Bandung tahun pelajaran 2007/2008 memiliki kondisi stres yang tinggi; 2) dilihat dari gambaran kondisi stres tiap aspek, sebagian besar siswa-siswi kelas enam SDN Ujungberung Bandung tahun pelajaran 2007/2008 memiliki kondisi stres yang tinggi dalam aspek lingkungan sekolah; 3) faktor dominan penyebab stres pada siswa-siswi kelas enam SDN Ujungberung Bandung tahun pelajaran 2007/2008 yaitu aspek lingkungan sekolah yang tergolong ke dalam faktor eksternal.

Adapun rekomendasi dari hasil penelitian ini ditujukan kepada: 1) guru dalam PBM; 2) pihak sekolah; dan 3) peneliti selanjutnya.
Daftar Isi s_ppb_993943_table_of_content.pdf
Bab I s_ppb_993943_chapter1.pdf
Bab II s_ppb_993943_chapter2.pdf
Bab III s_ppb_993943_chapter3.pdf
Bab IV s_ppb_993943_chapter4.pdf
Bab V s_ppb_993943_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_ppb_993943_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment