Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, July 30, 2012

Download Skripsi Psikologi: Studi Terhadap Istri-istri Prajurit TNI Angkatan Udara

Penelitian ini didasarkan pada berbagai fenomena yang terjadi pada istri prajurit TNI AU, mengenai tugas suami sebagai TNI AU. Beratnya tugas suami seringkali menimbulkan kecemasan bagi seorang istri, mengingat beratnya resiko yang dihadapi. Ketika seorang istri merasa cemas, hal tersebut dapat berpengaruh pada penyesuaian dirinya, dimana dibutuhkan keselarasan antara apa yang di inginkan dalam diri dengan apa yang diharapkan oleh lingkungan, sehingga dapat dilihat apakah istri prajurit TNI AU dapat mendukung segala tugas yang diberikan kepada suami.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kecemasan dan penyesuaian diri istri prajurit TNI AU di Skadron Udara 12 Lanud Pekanbaru, serta untuk mengetahui ada tidaknya hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan dan penyesuaian dirinya.

Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik studi korelasional (corelational study), dimana untuk menguji hipotesis dilakukan dengan pengujian statistik non parametrik, dengan menggunakan metode uji Rank Spearman.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan dan penyesuaian diri istri prajurit TNI AU terhadap tugas suami di Skadron Udara 12 Lanud Pekanbaru, dengan koefisien korelasi sebesar -0.715. Hal ini berarti semakin tinggi kecemasan istri prajurit TNI AU di Skadron Udara 12 maka semakin rendah penyesuaian dirinya, dan semakin rendah kecemasannya maka semakin tinggi penyesuaian diri.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa 50% atau sebanyak 25 istri memiliki kecemasan yang tinggi dengan penyesuaian diri yang rendah, dan 50% atau sebanyak 25 istri memiliki kecemasan yang rendah dengan penyesuaian diri yang tinggi. Olehkarena itu untuk dapat meminimalisir dampak dari kecemasan yang tinggi sehingga menimbulkan penyesuaian diri yang rendah, harus lebih ditingkatkan lagi sosialisasi mengenai tugas suami dan pentingnya peran istri dalam mendukung tugas suami, sehingga diharapkan para istri dapat memandang tugas suami sebagai suatu tugas mulia bukan sebagai sesuatu yang membahayakan dan mengancam masa depan keluarga.Bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar fokus penelitian dapat diarahkan pada hubungan mengenai kecemasan dan penyesuaian diri terhadap tipe kepribadian. Hal tersebut dirasa penting mengingat timbulnya kecemasan dan penyesuain diri di pengaruhi oleh faktor kepribadian.
Daftar Isi s_psi_056433_table_of_content.pdf
Bab I s_psi_056433_chapter1.pdf
Bab II s_psi_056433_chapter2.pdf
Bab III s_psi_056433_chapter3.pdf
Bab IV
Bab V s_psi_056433_chapter5.pdf
Daftar Pustaka s_psi_056433_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment