Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 18, 2012

Skripsi Paud : Implementasi Bermain Dalam Mengembangankan Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini


Implementasi Bermain Dalam Mengembangankan Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini
Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini merupakan aspek yang penting dimiliki sejak dini. Dengan memiliki konsentrasi yang baik memungkinkan anak untuk dapat menyerap informasi dengan baik. Semakin tinggi jenjang pendidikan akan semakin menuntut kemampuan konsentrasi yang lebih lama. Pembelajaran di Taman Kanak-kanak seharusnya menggunakan metode bermain, karena bermain merupakan hal yang melekat dengan jiwa anak dan merupakan hal yang menyenangkan untuk anak. Bermain dapat melatih konsentrasi anak. Kesenangan yang ditimbulkan dari kegiatan bermain membuat anak mampu berkonsentrasi secara optimal.
Tujuan penelitian Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini ini adalah 1) untuk mengetahui implementasi bermain di TK Nasywa Tahun Ajaran 2011/2012; 2) untuk mengetahui profil kegiatan bermain yang dilakukan anak TK B di TK Nasywa Tahun Ajaran 2011/2012; 3) untuk mengetahui representasi profil konsentrasi anak kelompok B dalam kegiatan bermain di TK Nasywa Tahun Ajaran 2011/2012.
Penelitian Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini ini dilaksanakan di TK Nasywa Kota Bandung pada kelompok B yang berjumlah 18 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Temuan penelitian Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini ini menunjukkan bahwa melalui implementasi bermain yang dilaksanakan oleh TK Nasywa membuat anak-anak mampu memberikan konsentrasi saat dalam kegiatan bermain, mereka mampu menyelesaikan tugas yang diberikan dan mampu mengabaikan hal yang tidak relevan dengan yang sedang dikerjakan. Penerapan bermain yang diterapkan oleh TK Naswya meliputi bermain dalam konteks bermain bebas dan bermain terpimpin guru. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti hal yang sama yaitu mengenai implementasi bermain dalam mengembangkan konsentrasi pada anak usia dini dan menelitinya dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Penelitian Keterampilan Sosial Anak menunjukan bahwa keterampilan sosial anak perempuan di TK dan RA berada pada kategori tinggi, sedangkan keterampilan sosial anak laki-laki di TK dan RA berada pada kategori sedang. Dengan menguji signifikansi perbedaan nilai rata-rata dengan teknik uji Man Whitney Rank Sum menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan sosial anak laki-laki dan perempuan di TK dan RA. Sedangkan keterampilan sosial anak di TK maupun di RA menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara anak TK dan RA. Data ini diperoleh dengan menggunakan uji Z, yaitu membedakan nilai z hitung dengan z tabel.
Adapun rekomendasi dari peneliti, hendaknya penelitian Keterampilan Sosial Anak selanjutnya dapat mengangkat kembali permasalahan yang ada tapi dengan menggunakan metode, instrumen dan subjek yang berbeda agar dapat memberikan  masukan dan temuan baru khususnya dalam meningkatkan keterampilan sosial anak agar dapat berkembang secara optimal.

Daftar Isis_paud_0702612_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0702612_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0702612_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0702612_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0702612_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0702612_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0702612_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment