Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 18, 2012

Skripsi Paud : Perbedaan Keterampilan Sosial Anak Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini


Perbedaan Keterampilan Sosial Anak Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
Penelitian Keterampilan Sosial Anak ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya kemampuan keterampilan sosial anak TK maupun RA khusunya kelompok B di Kecamatan Cikole Sukabumi. Hal ini ditunjukan dengan kurangnya kemampuan anak dalam bekerjasama dengan teman-temannya, rendahnya kemampuan berkomunikasi anak dengan orang lain, serta kurangnya kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru sesuai dengan aturan yang berlaku.
Rumusan masalah dalam penelitian Keterampilan Sosial Anak ini adalah 1) bagaimana profil keterampilan sosial anak perempuan di TK dan RA, 2) bagaimana profil keterampilan sosial anak laki-laki di TK dan RA, 3) bagaimana keterampilan sosial anak perempuan dan laki-laki di TK, 4) bagaimana keterampilan sosial anak perempuan dan laki-laki di RA, 5) Apakah terdapat perbedaan keterampilan sosial anak perempuan dan laki-laki di TK dan RA, 6) apakah terdapat perbedaan keterampilan sosial anak antara TK dan RA.
Tujuan dari penelitian Keterampilan Sosial Anak ini adalah untuk 1) memperoleh data keterampilan sosial anak perempuan di TK dan RA, 2) memperoleh data keterampilan sosial anak laki-laki di TK dan RA, 3) memperoleh data keterampilan sosial anak perempuan dan laki-laki di TK, 4) memperoleh data keterampilan sosial anak perempuan dan laki-laki di RA, 5) memperoleh data perbedaan keterampilan sosial anak perempuan dan laki-laki di TK dan RA, 6) memperoleh data keterampilan sosial anak di TK dan RA.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian Keterampilan Sosial Anak ini adalah metode expost facto. Sampel penelitiannya yaitu anak kelompok B yang berada di TK dan RA se-Kecamatan Cikole. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, dengan mengambil 30% dari jumlah populasi sehingga sampel yang diperoleh yaitu enam TK dan tiga RA, total keseluruhan yaitu sembilan sekolah dengan jumlah 216 anak. Data yang diperoleh merupakan hasil penyebaran angket dengan menggunakan instrumen PKBS skala A berupa pernyataan sebanyak 34 item.
Hasil penelitian Keterampilan Sosial Anak menunjukan bahwa keterampilan sosial anak perempuan di TK dan RA berada pada kategori tinggi, sedangkan keterampilan sosial anak laki-laki di TK dan RA berada pada kategori sedang. Dengan menguji signifikansi perbedaan nilai rata-rata dengan teknik uji Man Whitney Rank Sum menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan sosial anak laki-laki dan perempuan di TK dan RA. Sedangkan keterampilan sosial anak di TK maupun di RA menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara anak TK dan RA. Data ini diperoleh dengan menggunakan uji Z, yaitu membedakan nilai z hitung dengan z tabel.
Adapun rekomendasi dari peneliti, hendaknya penelitian Keterampilan Sosial Anak selanjutnya dapat mengangkat kembali permasalahan yang ada tapi dengan menggunakan metode, instrumen dan subjek yang berbeda agar dapat memberikan  masukan dan temuan baru khususnya dalam meningkatkan keterampilan sosial anak agar dapat berkembang secara optimal.

Daftar Isis_paud_0802153_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0802153_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0802153_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0802153_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0802153_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0802153_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0802153_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment