Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 18, 2012

Skripsi Paud : Pengenalan Konsep Bentuk Geometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan


Pengenalan Konsep Bentuk Geometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan: Penelitian Tindakan Kelas di TK Mutya Agni Jln. Sampora – Sekeawi, Desa Sukamenak, Kec. Margahayu, Kab Bandung. Tahun Ajaran 2010/2011
Judul penelitian  Model Pembelajaran Kooperatif ini yaitu ”peningkatan pengenalan konsep bentuk geometri melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan”  dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dikemukakan di TK Mutya Agni yaitu kemampuan pengenalan geometri masih rendah dalam pembelajaran melalui teknik mencari pasangan. Hal ini ditujukan dari masih ada beberapa anak yang kurang paham dalam pengenalan bentuk geometri dan ada beberapa anak yang masih bingung untuk membedakan bentuk benda nyata yang berbentuk geometri.
Fokus penelitian Model Pembelajaran Kooperatif adalah: 1) Bagaimana kondisi awal pembelajaran bentuk geometri di TK Mutya Agni,  2). Bagaimana kondisi awal kemampuan anak TK Mutya Agni dalam mengenal bentuk geometri, 3). Bagaimana pelaksanaan model kooperatif dalam pembelajaran bentuk geometri di TK Mutya Agni 4). Bagaimana peningkatan pengenalan bentuk geometri melalui model kooperatif teknik mencari pasangan.
Tujuan penelitian Model Pembelajaran Kooperatif ini untuk memperbaiki proses pembelajaran di TK dalam meningkatkan pengenalan bentuk geometri pada anak.
Metode yang digunakan dalam penelitian Model Pembelajaran Kooperatif  adalah metode penelitian tindakan kelasyang dilakukan secara kolaborasi dengan guru. Tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu memakai empat tahap 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap pengamatan, 4) refleksi. Dalam  Subjek penelitiannya adalah murid TK Mutya Agni kelompok B1 yang berusia 5-6 tahun dengan jumlah anak sebanyak 24. data yang terkumpul merupakan data hasil wawancara, observasi, catatan lapangan dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian Model Pembelajaran Kooperatif menunjukkan pengenalan bentuk geometri diterapkan dengan melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan, maka kemampuan anak dalam pembelajaran pengenalan bentuk geometri mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada akhir pembelajaran setiap siklus kemampuan anak dalam pengenalan bentuk geometri melalui teknik mencari pasangan mengalami peningkatan yang sudah baik dari sebelumnya.hal ini terlihat dari jawaban LKS yang termasuk kedalam siswa yang memiliki kreativitas perkembangan baik, dalam proses, perlu stimulus dengan nilai rata-rata pada observasi awal 47% , siklus I 60%, dan siklus II 75%, sedangkan pada siklu III  83%. Adapun hal rekomendasi dari guru yaitu guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pengenalan bentuk geometri pada anak TK.
Rekomendasi bagi peneliti selamjutnya diharapkan agar dapat mengangkat kermbali permasalahan yang ada dengan metode, media dan materi yang berbeda, sehingga dapat memberikan masukan dan temuan-temuan baru dalam meninfkatkan pengenalan bentuk geometri pada anak di Taman Kanak-Kanak. Semoga penellitian Model Pembelajaran Kooperatif bermanfaat.
Daftar Isis_paud_0604459_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0604459_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0604459_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0604459_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0604459_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0604459_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0604459_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment