Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, December 9, 2011

Analisis Kebutuhan Akreditasi Untuk SBI

Analisis Kebutuhan Akreditasi Untuk SBI
Studi Kasus Di SMA RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional)
Se Provinsi Jawa Barat

Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Akreditasi Sekolah, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
Abstrak

Penelitian ini mengkaji: (1) Bagaimanakah profil SMA RSBI di Jawa Barat?, (2) Bagaimanakah pengembangan kebijakan SMA RSBI di Jawa Barat?, dan (3) Bagaimanakah analisis kebutuhan akreditasi untuk SMA SBI di Jawa Barat?. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menemukan dan menerapkan model akreditasi sekolah bertaraf internasional. Adapun tujuan khusus yang ingin dicapai yaitu (1) membuat pemetaan tingkat Propinsi Jawa Barat Sekolah Menengah Atas (SMA) mana yang telah diunjuk Pemerintah untuk menjadi Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional, dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan, ancaman, serta persiapan-persiapan yang dilakukan, (2) mengidentifkasi faktor-faktor pendukung keberhasilan dan faktor-faktor penghambat pelaksanaan kebijakan sekolah bertaraf internasional, dan (3) menganalisis kebutuhan akreditasi untuk Sekolah Bertaraf Internasional.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development, yaitu suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk pendidikan, serta dapat juga dipergunakan untuk menemukan pengetahuan baru melalui Basic Research. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah, LPMP, Kepala Sekolah SMA RSBI di Jawa Barat dan pakar pendidikan. Sementara sumber data sekunder mencakup berbagai pihak yang terkait dengan upaya pengembangan sekolah bertaraf Internasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, kuisioner, instrumen tes, dan analisis dokumen. Dari jumlah populasi SMA RSBI Di Jawa Barat sebanyak 16 sekolah yang tersebar di Kabupaten/Kota di Jawa Barat, hanya 5 sekolah yang dijadikan sampel penelitian yaitu : (1) SMA Negeri 3 Bandung, (2) SMA Negeri 1 Subang, (3) SMA Negeri 2 Tasikmalaya, (4) SMA Negeri 1 Kuningan, dan (5) SMA Negeri 1 Cianjur.
Temuan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) pada umumnya sekolah RSBI sudah berakreditasi A yang dikeluarkan oleh Basda, walaupun masih belum mendapatkan akreditasi tambahan yang dikeluarkan oleh negara anggota OECD atau negara maju lainnya, (2) pada umumnya pengembangan kebijakan akreditasi menuju sekolah bertaraf internasional telah dirintis sesuai prinsip-prinsip dan prosedur peningkatan mutu yang berlaku, dan (3) beberapa aspek perlu mendapat perhatian dalam analisis kebutuhan akreditasi.
Berdasarkan hasil temuan penelitian, direkomendasikan antara lain; (1) Pendampingan sekolah RSBI harus tetap dilakukan dengan intensitas yang lebih tinggi lagi, sehingga proses menuju SBI cepat terealisasi, (2) Pemberian dana block grant untuk sekolah RSBI tetap dilakukan dan ditingkatkan besarnya, (3) Sosialisasi dan pemahaman tentang SBI bagi pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah RSBI harus dilaksanakan secara lebih intensif, dan (4) Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi dan menemukan model akreditasi sekolah SMA RSBI. 
Download Isi Lengkap  dari Makalah Ini :  
  



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment