Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, December 10, 2011

Pengembangan Alternatif Disain Rancangan Sistem Dan Manajemen Pembelajaran (Download Makalah)

PENGEMBANGAN ALTERNATIF DISAIN RANCANGAN
SISTEM DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Oleh: Aceng Muhtaram Mirfani – FIP UPI 

Pengantar
Pengetahuan yang telah melakukan penelahaan yang intensif dan mendalam terhadap fenomena PBM ialah Ilmu Mendidik Praktis (Langeveld, 1952) atau Didaktik atau Metodologi Pengajaran, Psikologi, Sosiologi, Teknologi dan Manajemen Pembelajaran. Teknologi dan Manajemen Pembelajaran telah menghasilkan berbagai prinsip atau asas serta model-model disain dan model sistem pembelajaran. Penerapan pendekatan sistem pada tingkat pembelajaran lazim dilakukan dalam tiga tahap kegiatan (Makmun, 1986) ialah:

(1) pengembangan modelmodel disain dan rancangan sistem pembelajaran,
(2) pengembangan modelmodel manajemen atau delivery systemnya, dan
(3) penilaian program, proses dan produknya serta penyempurnaan sistemnya secara berkesinambungan.  Dua bagian pertama dikedepankan sebagai objek sorotan kertas kerja ini.
Model Alternatif Disain Rancangan Sistem Pembelajaran
Berdasar pokok-pokok pikiran yang menyangkut konsep inovasi (Muhtaram: 1996), maka pengembangan disain model sistem perencanaan pembelajaran sepantasnya pula dipandang sebagai suatu upaya inovatif. Hal tersebut berkaitan dengan dengan profesionalisasi tenaga kependidikan yang tentunya berorientasikan pada peningkatan kualitas, khususnya bagi para guru. Sebagai suatu inovasi tentu substansinya mesti teridentifikasi dengan jelas sehingga langkah-langkah awal yang praktis dapat ditentukan dengan pasti. Ini amat penting dalam suatu perubahan. David B. Gleicher (Stoner: 1982) memasukkan hal tersebut sebagai unsur dari formula bagai pengambil putusan apakah upaya perubahan tersebut dapat dilakukan dengan kemungkinan akan mencapai keberhasilan. Dalam sistem perencanaan pendidikan yang lengkap maka berkenaan dengan perancangan pokok materi (subject matter) menurut William P. McClure dalam Banghart & Trull, Jr; (1973:11) harus teridentifikasi tujuh pokok materi sebegai berikut:
1. Tujuan dan sasaran-sasaran, ini berkenaan dengan apa yang diinginkan sebagai keluaran dari proses pendidikan, yang menjadi sangat fundamental dari seluruh pokok materi.
2. Program dan layanan, berkenaan dengan bagaimana menyusun pola-pola kegiatan belajar dan pelayanan pendukungnya.
3. Sumber daya manusia, berkenaan dengan bagaimana membantu dan memperbaiki unjuk kerja, interaksi, spesialisai, perilaku, kompetensi, pertumbuhan dan kepuasan.
4. Sumber daya fisik, berkenaan dengan bagaimana memanfaatkan fasilitas atau merencanakan pola pendistribusian, bagaimana meningkatkan perolehan, dan nalai guna apa dalam prosesnya dikaitkan dengan sumber yang lainnya.
5. Keuangan, berkenaan dengan bagaimana membiayai pembelanjaan dan merancang sumber pendapatan yang dalam ukuran besar mencakup bagimana memanfaatkan sumber daya manusia dan fisik dari sistem sekolah.
6. Struktur kepemerintahan, berkenaan dengan bagaimana mengorga-nisasi dan mengaturan pelaksanaan dan pegendaliaan berbagai program dan aktivitas pendidikan.
7. Konteks sosial, berkenaan dengan unsur-unsur sumber apa saja yang mesti dipertimbangkan dalam sistem pendidikan yang pada kenya-taanya hanyalah sistem sosial kecil yang mencakup berbagai unsur sistem sosial kemasyarakatan.

Download Isi Lengkap  dari Makalah Ini :  
  



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment