Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, December 10, 2011

Download makalah : Masalah Inovasi Sekolah Pembangunan Di Indonesia


MASALAH INOVASI SEKOLAH PEMBANGUNAN
DI INDONESIA

===============================================
Oleh: Aceng Muhtaram Mirfani (FIP-UPI)

A. GAMBARAN UMUM INOVASI SEKOLAH PEMBANGUNAN
1. Latar Belakang Hadirnya Sekolah Pembangunan
Sekolah Pembangunan pada dasarnya merupakan sistem perse-kolahan yang kurikulumnya luas atau mencakup banyak hal. Sekolah menyediakan kemungkinan belajar kepada peserta didik (siswa sekolah) yang normal dan yang luar biasa pandai supaya mereka belajar dengan berhasil dan memuaskan. Di negara asalnya Amerika Serikat sistem sekolah tersebut dikenal sebagai “Comprehensive School”. Ciri khas sekolah komprehensif adalah memiliki hubungan erat sekali dengan situasi dimana sekolah itu berada.

Di era awal Indonesia menggalakkan pembangunan, awal tahun 70-an, sistem persekolahan tersebut diadopsi sebagai suatu inovasi. Berkaitan dengan semangat pembangunan itulah maka di Indonesia dikenalkan dengan nama “Sekolah Pembangunan”. Berdasarkan hasil lokakarya yang diselenggarakan bulan Juli 1971 dinyatakan bahwa “Sekolah Pembangunan adalah sekolah yang dapat menampung semua siswa dari semua lapisan masyarakat dan membimbing mereka untuk dapat mencapai perkembangan diri secara maksimal, sesuai kecerdasan, bakat dan minat masing-masing, sehingga dapat menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang seimbang dan warganegara yang berjiwa makaria serta bertanggungjawab terhadap kesejahteraan masya-rakat dan tanah air” (Engkoswara: 1972, edisi asli ejaan lama).
Rumusan Sekolah Pembangunan menurut SK Menteri P dan K No.0172/1971 adalah: “Sekolah yang berorientasi komprehenshif, yang dapat menampung anak didik dari semua lapisan masyarakat dan membimbing anak didik menjadi warga negara Pancasila, yang berpribadi berdasarkan akan ke-Tuhanan Yang Maha Esa, berkesadaran bermasyarakat dan mampu membudayakan alam sekitar-nya, serta da[at menjadi manusia yang dapat memperkembangkan diri sendiri secara optimal, sesuai dengan kecerdasan bakat dan minat masing-masing, sehingga memiliki kepribadian yang seimbang dan berjiwa makarya serta bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat dan tanah air” (teks asli ejaan lama).
Download Isi Lengkap  dari Makalah Ini :  
  
 


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment