Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, December 9, 2011

Standarisasi Pendidikan Guru Anak Usia Dini 1

STANDARISASI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
Oleh:
Udin S. Sa’ud, Ph.D

A. Rasional
Disadari atau tidak, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat telah membawa berbagai dampak. Salah satu dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut adalah terjadinya persaingan global yang ketat dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam bentuk produk maupun services. Era globalisasi telah mendorong manusia atau lembaga untuk bersaing dalam mendapatkan atau memberikan kualitas produk (barang) atau services terbaik sesuai dengan kebutuhan customer atau kliennya.
Salah satu faktor kunci untuk memenangkan persaingan global tersebut adalah dengan memiliki sumber daya manusia profesional yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan profesionalisme dalam berbagai bidang penghidupan dan kehidupan masyarakat harus menjadi prioritas utama pembangunan suatu bangsa dan negara. Kenyataan menunjukkan bahwa bangsa atau negara yang memiliki sumber daya manusia dengan profesionalisme yang berkualitas tinggi dapat menguasai kehidupan manusia, baik produk maupun jasa pelayanan.
Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan profesionalisme hanya dapat dilakukan melalui peningkatan mutu pendidikan nasional. Secara praktis, peningkatan mutu pendidikan merupakan suatu proses yang sinergik dengan upaya peningkatan sumber daya manusia. Ini berarti bahwa peningkatan mutu pendidikan akan terjadi jika kualitas sumber daya manusianya meningkat dan sebaliknya. Keberhasilan upaya peningkatan mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia yang terlibat didalamnya, karena dalam sistem pendidikan apapun, maka kualitas kemampuan dan profesionalisme dari “The Man Behind The Gun”-nya merupakan kunci keberhasilan sistem pendidikan. Ini berarti bahwa peningkatan kualitas kemampuan dan profesionalisme tenaga kependidikan merupakan kebutuhan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di era globalisasi ini.
Salah satu jabatan tenaga kependidikan yang dewasa ini mendapat sorotan dari masyarakat untuk ditingkatkan kemampuan dan profesionalismenya adalah guru anak usia dini. Guru merupakan salah satu penentu keberhasilan atau kegagalan (The Front Liner) upaya-upaya peningkatan mutu dan inovasi pendidikan di tingkat sekolah (Fullan, 1992; Goodlad, 1990). Guru anak usia dini adalah pelaksana berbagai paket upaya peningkatan mutu dan inovasi pendidikan yang bertanggungjawab langsung dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PP No. 27/1990 Pasal 14 ayat 1). Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu pendidikan harus selalu disinergikan dengan upaya peningkatan kualitas kemampuan, komitmen, dan profesionalisme guru sebagai pelaksana teknis sistem pendidikan nasional.
Idealnya, upaya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru anak usia dini di era globalisasi dilakukan secara sistematis dan sistemik. Upaya tersebut dapat diawali dengan penyelenggaraan pendidikan pra-jabatan guru-guru berdasarkan standar pendidikan profesional. Guru-guru anak usia dini harus dipersiapkan dan dilatih berdasarkan standar lulusan dan program pendidikan profesional yang diakui secara global, sehingga lulusannya memiliki kemampuan profesional yang mampu bersaing dengan lulusan pendidikan guru dari negara lain. Pendidikan pra-jabatan guru anak usia dini harus dikembangkan berdasarkan standar lulusan dan program pendidikan yang sesuai dengan tuntutan kualifikasi dan mutu guru anak usia dini yang dibutuhkan masyarakat dan sekolah masa depan. Untuk hal tersebut, makalah singkat ini memberikan urun rembug pemikiran terhadap pentingnya standarisasi lulusan dan program pendidikan guru anak usia dini profesional di masa depan bagi peningkatan mutu kemampuan dan profesionalime guru anak usia dini, yang pada akhirnya diharapkan akan berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment