Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 18, 2012

Skripsi Paud : Efektifitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Informatif Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak


Efektifitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Informatif Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak :Penelitian Quai Eksperimen Tunggl di TK Al-Jannah Kecamatan Regol Kota Bandung
Penelitian Efektifitas Penggunaan Media Film Animasi ini dilatar belakangi permasalahan yang ditemukan di lapangan bahwa katarampilan menyimak anak di TK Al-Jannah tidak berkembang secara optimal. Hal ini terlihat ketika dalam melaksanakan suatu pembelajaran anak tidak sepenuhnya memperhatikan serta menyimak apa yang diterangkan oleh guru karena guru menggunakan media yang tidak bervariatif sehingga pembelajaran terlihat kurang menarik. Berkaitan dengan hal itu, ketika diberikan pertanyaan terkait apa yang telah dipelajari anak tidak dapat menjawabnya.
Maka dari itu peneliti memilih salah satu media yang dapat digunakan sebagai penunjang dalam mengembangkan keterampilan menyimak yang melibatkan anak dalam meningkatkan minat, karakter serta imajinasinya yaitu sebuah tontonan film seperti film animasi. Media film animasi akan dapat mengembangkan potensi imajinatif anak karena melalui film ini anak akan lebih bersemangat untuk melihat mendengar serta menyerap cerita yang terdapat didalamnya, dengan kata lain anak dapat menyimak suatu informasi dengan baik.

Berkaitan dengan hal di atas penelitian Efektifitas Penggunaan Media Film Animasi tentang keterampilan menyimak informatif yang dikembangkan melalui penggunaan media film animasi dilaksanakan di TK Al-Jannah kecamatan Regol kota Bandung yang melibatkan 20 anak didik kelompok B (Angsa) pada tahun ajaran 2011/2012.

Tujuan dilakukannya penelitian di TK Al-Jannah adalah untuk mengetahui efektifitas media film animasi terhadap keterampilan menyimak informatif pada anak usia taman kanak-kanak.

Metode penelitian Efektifitas Penggunaan Media Film Animasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian  Quasi eksperimen tunggal di mana desain penelitiannya hanya menggunakan satu kelompok. Kelompok tersebut dikenai dua treatment, yaitu  treatment pada eksperimental putaran satu yaitu tentang peneingkatan keterampilan menyimak informatif tanpa penggunaan media film animasi dan treatment kontrol/ pembanding pada eksperimental putaran kedua yaitu tentang peningkatan keterampilan menyimak informatif dengan menggunakan media film animasi.
Hasil temuan dalam penelitian Efektifitas Penggunaan Media Film Animasi dilapangan bahwa penggunaan media film animasi terbukti efektif untuk digunakan sebagai penunjang dalam meningkatkan keterampilan menyimak informatif anak usia taman kanak-kanak. Adapun rekomendasi yang disampaikan kepada guru dan pihak sekolah sebaiknya menyediakan media-media pembelajaran yang lebih inovatif.

Daftar Isis_paud_0702560_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0702560_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0702560_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0702560_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0702560_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0702560_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0702560_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment