Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 18, 2012

Skripsi Paud : Upaya Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Playgroup Melalui Penerapan Teknik Scaffolding


Upaya Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Playgroup Melalui Penerapan Teknik Scaffolding 
: Penelitian Tindakan Kelas Di Playgroup KOBER LAB - PG PAUD UPI 
Tahun Ajaran 2010-2011
Pada tahap perkembangan usia playgroup anak mulai menguasai berbagai keterampilan fisik, bahasa, serta mulai memiliki rasa percaya diri untuk mengeksplorasi kemandiriannya untuk itu Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Playgroup sangatlah penting. Kemandirian merupakan salah satu aspek kepribadian manusia yang tidak dapat berdiri sendiri, kemandirian terkait dengan aspek kepribadian yang lain dan harus dilatihkan pada anak-anak sedini mungkin agar tidak menghambat tugas-tugas perkembangan anak selanjutnya. Teori belajar konstruktivisme khususnya pada pendidikan anak usia dini dalam hal ini anak usia playgroup antara lain menyebutkan pentingnya scaffolding yaitu pemberian bantuan tepat waktu dan dapat ditarik kembali secara bertahap setelah anak menunjukkan keberhasilan terhadap pencapaian suatu indikator dalam aspek perkembangannya. 

Penelitian Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Playgroup ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik scaffolding yang digunakan oleh guru dalam upaya mengembangkan kemandirian anak di KOBER LAB PGPAUD-UPI dimana perkembangan kemandirian terlihat belum berkembang dengan optimal.
Adapun metode penelitian Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Playgroup yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas partisipan. Data yang diperoleh merupakan hasil dari observasi terstruktur pada anak, wawancara terstruktur pada guru, data penilaian oleh guru pada anak,serta studi dokumentasi. 

Hasil penelitian Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Playgroup ini menunjukan bahwa penerapan teknik scaffolding oleh guru di sekolah yang disertai pengetahuan mengenai tumbuh kembang anak sesuai dengan usia dan kebutuhan serta mengenali karakteristik setiap individu anak dapat mengoptimalkan upaya guru dalam mengembangkan kemandirian anak, dimana 8 dari 9 anak telah berkembang kemandiriannya dalam memakai atau melepas sepatu dan kaus kaki, pada kegiatan feeding 8 anak terlihat berkembang kemandiriannya dan 1 anak masih dalam proses,, pada kegiatan toilet training 7 anak berkembang kemandiriannya dan 2 anak masih dalam proses. Pada kegiatan mencuci tangan, menggosok gigi, dan membereskan mainan semua anak telah berkembang kemandiriannya, anak dengan inisiatif sendiri melakukan tugas-tugas tersebut dengan mandiri. Simpulannya adalah penerapan teknik scaffolding dapat digunakan dalam upaya mengembangkan kemandirian anak usia playgroup. Semoga penelitian Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Playgroup bermanfaat.
Bab Is_paud_0703387_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0703387_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0703387_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0703387_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0703387_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0703387_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

1 comment:

PELUANG USAHA said...

POSTING YANG MEMBANTU, THANKS...!!!

Post a Comment