Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 18, 2012

Skripsi Paud : Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Melalui Metode Bercerita


Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Melalui Metode Bercerita :Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Bermain Nusa Indah Kota Cimahi Tahun Ajaran 2011-2012
Penelitian Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya keterampilan menyimak sebagian anak ketika proses pembelajaran berlangsung di Kelompok Bermain Nusa Indah. Hal ini ditunjukkan anak dengan tidak memperhatikan guru saat memberikan materi  pembelajaran, anak tidak mendengarkan dan bermain-main. Guru lebih cenderung menggunakan metode bercakap-cakap sehingga pembelajaran lebih kepada tecaher centered, untuk itu dilakukan penelitian tentang penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan menyimak anak.
Rumusan masalah dalam penelitian Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak ini adalah, (1) Bagaimanakah keterampilan menyimak anak kelompok bermain Nusa Indah sebelum diberikan penggunaan metode bercerita?, (2) Bagaimanakah implementasi pengunaan metode bercerita dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak di kelompok bermain Nusa Indah?, (3) Bagaimana keterampilan menyimak anak kelompok bermain Nusa Indah setelah diberikan penggunaan metode bercerita?.
Metode yang digunakan dalam penelitian Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tindakan. Pada siklus I tindakan 1 guru menggunakan metode bercerita langsung,  siklus I tindakan 2 guru menggunakan buku cerita bergambar, siklus I tindakan 3 gmenggunakan boneka tangan, siklus I tindakan 4 menggunakan panggung boneka sederhana. Pada siklus I keterampilan menyimak anak belum optimal sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II keterampilan menyimak anak sudah optimal. 
Hasil akhir penelitian Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak yang ditunjukkan setelah diberikan tindakan, keterampilan menyimak anak dapat digambarkan secara persentase pada kategori baik (B) sebesar 67,00 %, kategori cukup (C) sebesar 24, 11 % dan kategori kurang (K) sebesar 8.89 %. Saran yang penulis ajukan adalah guru perlu memilih cerita dengan tema yang lebih menarik, mengkaji jenis cerita dan metode bercerita yang juga menarik untuk dapat digunakan dalam pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak selain itu penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengangkat kembali permasalahn yang ada tetapi dengan metode, strategi, pendekatan yang berbeda sehingga dapat memberi temuan baru khususnya dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak yang lebih optimal.

Daftar Isis_paud_0701440_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0701440_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0701440_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0701440_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0701440_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0701440_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0701440_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment