Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 18, 2012

Skripsi Paud : Meningkatakan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Dengan Bonek Jari


Meningkatakan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Dengan Bonek Jari
Penelitian Penggunaan metode Bercerita Dengan Bonek Jari ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan menyimak anak dalam pembelajaran bahasa di TKK BPK PENABUR Taman Holis indah. Berdasarkan observasi awal hasil belajar anak yang menunjukkan rendahnya kemampuan menyimak yaitu: anak belum dapat memperhatikan guru ketika pembelajaran berlangsung, tidak mengarahkan pandangan kepada guru, perhatiannya cepat beralih ketika ada temannya yang mengajaknya ngobrol atau terhadap temannya yang berpindah-pindah tempat duduk, anak-anak belum dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru diakhir pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak dilakukan kesepakatan dengan guru untuk dilaksanakannya pembelajaran melalui penggunaan metode bercerita dengan boneka jari.
Tujuan dari penelitian Penggunaan Metode Bercerita Dengan Bonek Jari ini yaitu untuk mengetahui kondisi objektif pembelajaran bahasa aspek menyimak di TK, untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran metode bercerita dengan boneka jari yang meliputi: langkah persiapan, pelaksanaan tindakan dan evaluasi, untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak anak setelah pelaksanaan pembelajaran metode bercerita dengan boneka jari.
Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penggunaan metode Bercerita Dengan Bonek Jari. Setelah melaksanakan tindakan dalam beberapa siklus, pembelajaran metode bercerita dengan boneka jari telah menunjukkan hasil dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak. Peningkatan tersebut dapat terlihat yaitu: anak sudah dapat memperhatikan guru, anak mengarahkan pandangan kepada guru, anak tidak terpengaruh oleh temannya yang mengajak ngobrol atau teman yang berpindah-pindah tempat duduk, anak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru, serta anak dapat mengemukakan isi pesan yang disampaikan dalam cerita.
Anak mampu menceritakan kembali isi cerita secara sederhana, dapat memberikan tanggapan senang atau tidak senang dengan alasan sederhana, serta anak mampu menirukan suara dan gerakan tokoh dalam cerita. Rekomendasi bagi guru TK, agar dalam pelaksanaan pembelajaran metode bercerita dengan boneka jari, guru hendaknya menguasai isi cerita, olah vokal yang jelas,  memperlihatkan bahasa tubuh dan ekspresi,  menggunakan boneka jari yang menarik dan memiliki keunikkan setiap bentuk tokoh bonekanya. Semoga penelitian Penggunaan Metode Bercerita Dengan Bonek Jari bermanfaat.

Daftar Isis_paud_0701107_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0701107_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0701107_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0701107_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0701107_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0701107_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0701107_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment