Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 18, 2012

Skripsi Paud : Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Tk Dengan Menggunakan Metode Bercerita Gambar Seri


Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Tk Dengan Menggunakan Metode Bercerita Gambar Seri 
: Penelitian Tindakan Kelas di TK Islam Siti Khadijah III Padalarang-Kabupaten Bandung Barat
Penelitian Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Anak Tk Pembelajaran Bahasa Sunda perlu diajarkan sejak dini mengingat pentingnya memelihara, membina, dan mengembangkan Bahasa Sunda sebagai salah satu unsur dan wahana kebudayaan Sunda. Permasalahan yang mendasar di TK Islam Siti Khadijah III Padalarang adalah para guru TK sebelumnya tidak memperkenalkan Bahasa Sunda pada anak-anak TK pada saat proses pembelajaran. Kendala lain yang dihadapi oleh guru-guru TK adalah minimnya buku surnber Bahasa Sunda bagi anak-anak dan belum optimalnya pemanfaatan penggunaan media yang tentu saja dapat mempengaruhi perkembangan Bahasa Sunda anak. Perkembangan Bahasa Sunda anak dalam kegiatan pembelajarannya harus didukung dengan media yang tepat sehingga pesan dari media tersebut dapat dipahami oleh anak.
Salah satu media yang mudah digunakan untuk Penelitian Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Anak Tk dan disampaikan kepada anak adalah media gambar seri. Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah:Bagaimanakah penguasaan kosakata Bahasa Sunda anak TK Islam Siti Khadijah III Padalarang setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita gambar seri ? Tujuan dari penelitian Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Anak Tk ini adalah untukmengetahui bagaimana penguasaan kosakata Bahasa Sunda anak TK Islam Siti Khadijah III Padalarangsetelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita gambar seri.
Metode Penelitian Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Anak Tk yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil dari analisis dan pembahasannya dituangkan secara deskriptif. Penelitian Tindakan Kelas tersebut dilakukan dalam tiga siklus. Hasil temuan pada penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan Kosakata Bahasa Sunda anak meliputi: penguasaan kosakata dasar, umum dan khusus, menceritakan kembali isi dari cerita gambar seri yang sudah diceritakan guru, dan peningkatan indikator lainnya yang sudah dirancang untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Sunda anak TK Islam Siti Khadijah III, rancangan pembelajaran dituangkan dalam bentuk SKH untuk setiap siklusnya.
Hasil dari penelitian Penelitian Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Anak Tk ini direkomendasikan kepada guru TK, agar dalam pelaksanaan pembelajaran, guru hendaknya memberikan kesempatan kepada anak untuk mengemukakan ide, pendapat atau gagasan yang akan disampaikan oleh anak secara sederhana dan membantu anak membuat kesimpulan dari maksud pengucapannya, sehingga susunan dan pengucapan kosakata anak dapat tersusun dengan tepat dan jelas.


aftar Isis_paud_0902858_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0902858_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0902858_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0902858_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0902858_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0902858_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0902858_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment