Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, July 18, 2012

Skripsi Paud : Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Glenn Doman


Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Glenn Doman
Penelitian Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di PG&TK Islam Al-Hafiidhi Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung yaitu kemampuan membaca anak usia dini yang masih rendah seperti tidak dapat menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, tidak dapat membedakan huruf b atau d dan p atau q, tidak dapat membaca dan membuat kalimat sederhana, tidak dapat memasangkan suku kata, tidak dapat menulis nama diri sendiri. Fokus peneliti adalah : (1) Bagaimana kondisi objektif kemampuan membaca dini di kelompok B  PG&TK  Islam Al Hafiidhi pada saat ini ?; (2)Bagaimana implementasi pembelajaran membaca dini melalui penggunaan metode Glenn Doman di kelompok B PG&TK  Islam Al Hafiidhi ?; (3)Bagaimana peningkatan kemampuan membaca dini anak kelompok B PG&TK  Islam Al Hafiidhi setelah menggunakan metode Glenn Doman?

Tujuan dari penelitian Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini adalah untuk meningkatkan hasil dan memperbaiki proses untuk mengembangkan kemampuan membaca dini anak. Penelitian tindakan kelas adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini yang dilakukan secara kolaborasi bersama pihak sekolah yang terkait. Subjek penelitian penelitian Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini adalah 19 orang anak kelompok B yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 10 orang laki-laki. Analisa data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara  dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan metode Glenn Doman kemampuan anak usia dini dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, membedakan huruf b atau d dan p atau q dapat menyusun kalimat, merangkai huruf, memasangkan suku kata, membaca kalimat sederhana dan membaca buku cerita.

Hasil penelitian Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini nilai anak pada siklus 1 yang dapat nilai berkembang baik 35,5%, nilai dalam proses 44,7%  dan nilai belum muncul 19,7%, hasil nilai pada siklus 2 yang dapat nilai berkembang baik 56,1%, nilai dalam proses 35,1% dan nilai belum muncul 8,7%, hasil pada siklus 3 yang dapat nilai berkembang baik78,5%, yang dapat nilai dalam proses20,2% dan nilai belum muncul 1,7%, hasil  pada siklus 4 menunjukan adanya peningkatan yang cukup tinggi yang dapat nilai berkembang baik 92,9% dan nilai dalam proses 7%. Rekomendasi bagi guru yaitu dapat menggunakan berbagai metode dan media yang bervariasi dalam mengajar sehingga tidak terjadi kejenuhan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.


Daftar Isis_paud_0701449_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0701449_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0701449_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0701449_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0701449_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0701449_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0701449_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment