Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, July 22, 2012

Skripsi PAUD : Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Anak TK


Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Anak TK: 
Penelitian Tindakan Kelas di TK Little Moslem Kelompok B, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Tahun Pelajaran 2011/2012

Latar Belakang Penelitian Penerapan Metode Eksperimen
Penelitian Penerapan Metode Eksperimen ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kesadaran lingkungan pada anak. Masa usia anak TK adalah masa emas (golden age), dimana pembelajaran yang menyangkut kesadaran lingkungan dapat dengan mudah diterapkan kepada anak. Permasalahannya, kegiatan pembelajaran yang diberikan pada anak masih menekankan pada metode-metode atau strategi yang bersifat tanya jawab, ceramah, dan pemberian tugas, sehingga kurang efektif guna menunjang pengembangan kesadaran lingkungan anak. Hal ini merupakan salah satu faktor rendahnya tingkat kesadaran lingkungan anak di TK Little Moslem. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kesadaran lingkungan anak yaitu dengan penerapan metode eksperimen.
Metode Penelitian Penerapan Metode Eksperimen
Penelitian Penerapan Metode Eksperimen ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus diberi dua tindakan. Setiap siklus menunjukan hasil peningkatan kesadaran lingkungan anak. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi kesadaran lingkungan anak mulai dari siklus I sampai siklus II menunjukkan perkembangan yang optimal. Ada perubahan kearah peningkatan antara sebelum diberi tindakan dengan setelah diberi tindakan pada siklus I dan siklus II, hal ini terlihat dari sikap positif terhadap lingkungan yang ditunjukan anak setelah diberi tindakan. Peningkatan kesadaran lingkungan anak terjadi karena dipengaruhi oleh penerapan metode eksperimen.
Hasil Penelitian Penerapan Metode Eksperimen
Dari hasil penelitian Penerapan Metode Eksperimen tersebut dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kesadaran lingkungan anak di TK Little Moslem. Rekomendasi bagi guru, diharapkan guru dapat lebih variatif dalam memilih metode yang akan digunakan dalam proses pembelajaran serta menjadi fasilitator dan motivator bagi anak didiknya.
Daftar Isis_paud_0607588_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0607588_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0607588_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0607588_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0607588_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0607588_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0607588_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

2 comments:

Post a Comment