Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, July 22, 2012

Skripsi PAUD : Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Manipulatif


Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Manipulatif : 
Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B TK Gelatik Jl. Sawo no. 09 Kec Bandung Wetan Kota Bandung Tahun Pelajaran 2011-2012
Tujuan Penelitian Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak TK
Tujuan dari penelitian Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak TK ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berhitung melalui metode demonstrasi dengan media manipulatif. Secara umum permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah “apakah metode demonstrasi dengan media manipulatif dapat meningkatkan keterampilan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak?”. Permasalahan tersebut dirumuskan dalam pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: (1) bagaimana kondisi objektif pembelajaran berhitung di TK Gelatik? (2) bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dengan media manipulatif untuk meningkatkan keterampilan berhitung anak TK Gelatik? (3) bagaimana keterampilan berhitung anak TK Gelatik setelah diterapkan metode demonstrasi dengan media manipualtif? dan (4) kendala apa saja yang dihadapi guru dan anak dalam pembelajaran berhitung dengan menggunakan metode demonstrasi dengan media manipulatif?.
Metode Penelitian Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak TK
Metode penelitian Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak TK yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B di TK Gelatik yang berjumlah 12 anak. Dari hasil tindakan dan observasi yang dilaksanakan terdapat peningkatan pada setiap anak. Indikator membuat dua kumpulan gambar binatang  yang sama jumlahnya dapat dicapai oleh 12 anak, membuat dua kumpulan gambar binatang  yang tidak sama jumlahnya dapat dicapai oleh 9 anak, membuat dua kumpulan gambar binatang  yang lebih banyak jumlahnya dapat dicapai oleh 10 anak, membuat dua kumpulan gambar binatang  yang lebih sedikit jumlahnya dapat dicapai oleh 12 anak, menyebutkan hasil penambahan dengan menggunakan gambar binatang dari 1-10 dapat dicapai oleh 12 anak, menyebutkan hasil penambahan dengan menggunakan gambar binatang dari 10-15 dapat dicapai oleh 10 anak, menyebutkan hasil pengurangan dengan menggunakan gambar binatang dari 1-10 dapat dicapai oleh 10 anak, menyebutkan hasil pengurangan dengan menggunakan gambar binatang dari 10-15 dapat dicapai oleh 10 anak.
Hasil Penelitian Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak TK
Hasil penelitian Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak TK menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berhitung pada setiap siklusnya. Rekomendasi bagi kepala sekolah adalah perlu menyediakan sarana dan prasarana di sekolah, sedangkan bagi guru yaitu harus memahami secara benar langkah-langkah metode demonstrasi dengan media manipulatif.

Daftar Isis_paud_0604467_table_of_content.pdf
Bab Is_paud_0604467_chapter1.pdf
Bab IIs_paud_0604467_chapter2.pdf
Bab IIIs_paud_0604467_chapter3.pdf
Bab IVs_paud_0604467_chapter4.pdf
Bab Vs_paud_0604467_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_paud_0604467_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment