Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Sunday, July 22, 2012

Tesis PAUD : Pengaruh Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan Menyimak dan Membaca Anak Usia Dini


Pengaruh Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan Menyimak dan Membaca Anak Usia Dini: 
Studi Eksperimen Kuasi di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2010-2011

Latarbelakang Penelitian Pengaruh Metode Cantol Roudhoh
Penelitian Pengaruh Metode Cantol Roudhoh ini dilatarbelakangi oleh adanya pro kontra tentang sebagian pendapat yang menyatakan bahwa membaca itu mulai diajarkan pada saat sudah di Sekolah Dasar (SD). Tetapi banyak juga para ahli yang mengatakan bahwa membaca harus diajarkan sejak dini. Terkait dengan  kontroversi tersebut, penelitian ini mengkaji permasalahan bagaimana agar pembelajaran membaca yang diselenggarakan guru dapat menarik dan anak termotivasi untuk mau membaca dan mempelajarinya, untuk menjawab permasalahan  ini maka diadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah metode cantol roudhoh dapat menstimulasi anak dalam pembelajaran membacanya sehingga metode ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan menyimak dan membaca anak. 

Metode Penelitian Pengaruh Metode Cantol Roudhoh
Penelitian Pengaruh Metode Cantol Roudhoh ini  dilaksanakan di TK Negeri Pembina  Kabupaten Majalengka dengan jumlah sampel sebanyak 15 anak diberi pembelajaran dengan metode cantol roudhoh untuk kelompok eksperimen dan sebanyak 15 anak diberi pembelajaran yang konvensional sebagai kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah  kuasi eksperimen dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi.
Temuan di lapangan menunjukkan bahwa anak sudah ada kesiapan dalam membaca, namun karena guru mengajar dengan cara yang konvensional maka anak tidak termotivasi untuk membaca sehingga kemampuan menyimak dan membaca anak kurang terlihat. Metode cantol roudhoh merupakan alternatif solusi untuk menumbuhkan minat belajar membaca anak. Hasil penelitian membuktikan bahwa anak lebih antusias dan konsentrasi disaat menyimak dan membaca.

Hasil Penelitian Pengaruh Metode Cantol Roudhoh
Hasil penelitian Pengaruh Metode Cantol Roudhoh tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode cantol roudhoh dalam pembelajaran membaca sangat berpengaruh terhadap kemampuan menyimak dan membaca anak karena metode cantol roudhoh memberi pengalaman baru dan dapat mempermudah anak dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit.
Penelitian Pengaruh Metode Cantol Roudhoh ini direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan metode cantol roudhoh dalam pembelajaran membaca anak usia dini, karena metode ini selain dapat membantu anak untuk mempermudah belajar membacanya juga efektif untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Akan tetapi kreatifitas guru sangat dituntut dalam menyampaikan pembelajarannya sehingga proses pembelajaran tidak membosankan tapi tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan anak.
Kata Kunci :
Metode Cantol Roudhoh, Menyimak, Membaca Anak Usia Dini

Daftar Isit_pd_0908733_table_of_content.pdf
Bab It_pd_0908733_chapter1.pdf
Bab IIt_pd_0908733_chapter2.pdf
Bab IIIt_pd_0908733_chapter3.pdf
Bab IVt_pd_0908733_chapter4.pdf
Bab Vt_pd_0908733_chapter5.pdf
Daftar Pustakat_pd_0908733_bibliography.pdf



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment