Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, June 23, 2015

Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus di MAN 3 Malang)

Irma Fahroini
Kegiatan keagamaan adalah aktivitas atau usaha yang berhubungan dengan sistem, prinsip kepercayaan kepada Tuhan dengan ajaran kebaktian dan kewajiban-kewajiban. Kegiatan keagamaan diadakan untuk membina akhlakul karimah siswa karena dalam menghadapi era globalisasi pendidikan memiliki tugas meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) diharapkan juga mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) terhadap Tuhan Yang Maha Esa, peningkatan keimanan dan ketaqwaan dilakukan untuk mengantisipasi dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, dalam rangka memperkuat keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pendidikan agama dinyatakan sebagai kurikulum wajib pada semua jalur, jenis dan jenjang pendidikan.
Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah a) Apa jenis-jenis kegiatan keagamaan dalam membina akhlakul karimah siswa di MAN 3 Malang; b) Bagaimana keadaan akhlak siswa di MAN 3 Malang; dan c) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan dalam membina akhlakul karimah siswa di MAN 3 Malang. Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengidentifikasi jenis kegiatan keagamaan yang ada di MAN 3 Malang, untuk mendeskripsikan keadaan akhlak siswa yang ada di MAN 3 Malang dan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keagamaan dalam membina akhlakul karimah siswa di MAN 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang gejala tertentu dan menjawab pertanyaan suatu penelitian yang berkenaan dengan how atau why. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada kepala sekolah, waka keagamaan, guru PAI, serta siswa. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan gejala-gejala yang nampak, maka proses analisa data tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut mencatat yang menghasilkan catatan lapangan, mengumpulkan, memilah-milah, mengklasifikasikan, mensintesiskan, membuat ikhtisar, dan membuat indeksnya, kemudian berpikir, dengan jalan membuat kategori data itu mempunyai makna, mencari dan menemukan pola hubungan-hubungan, dan membuat temuan-temuan umum.
Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa (1) Jenis-jenis kegiatan keagamaan di MAN 3 Malang berada pada jalur intra dan ekstrakurikuler, pada jalur intra yaitu melalui pembiasan-pembiasaan, seperti pembiasaan salam dan salim, pembiasaan pembacaan asmaul husna ketika akan memulai pelajaran dan sebelum pulang sekolah. (2) Keadaan akhlak siswa MAN 3 Malang secara umum baik apabila dibandingkan dengan yang lain karena adanya penyuluhan akhlak siswa sebelum masuk MAN 3 Malang yaitu selain menggunakan nilai juga menggunakan tes baca tulis Al-Qur’an. (3) Implementasi kegiatan keagamaan dalam membina akhlakul karimah siswa di MAN 3 Malang secara umum berjalan dengan baik karena adanya kesabaran guru MAN 3 Malang dalam membina akhlak siswa melalui kegiatan keagamaan.
Dari implementasi kegiatan keagamaan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kegiatan keagamaan membutuhkan kerja sama dan dukungan dari semua pihak (2) Adanya fasilitas yang memadai, karena hal tersebut sangat menunjang proses keberhasilan dalam membina akhlakul karimah siswa, sehingga kegiatan tersebut bisa berhasil sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah.

Download Skripsi



 Jasa Pembuatan Skripsi

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment