Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, June 23, 2015

Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Malang

Nailur Rohmah
Peran serta masyarakat, khususnya orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan selama ini sangat minim. Partisipasi masyarakat selama ini pada umumnya lebih banyak bersifat dukungan input (dana), bukan pada proses pendidikan (pengambilan keputusan, monitoring, evaluasi, dan akuntabilitas). Padahal peran serta dan dukungan masyarakat, baik dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, untuk menampung dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam dunia pendidikan, maka dibentuklah komite sekolah.
Komite sekolah merupakan sebuah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan baik pada pendidikan prasekolah, jalur pendidikan sekolah, maupun jalur pendidikan luar sekolah. Untuk penamaan badan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan daerah masing-masing satuan pendidikan, seperti Komite Sekolah, Majelis Madrasah, Majelis Sekolah, Komite TK, atau nama-nama lain yang disepakati bersama. Dengan berasumsi bahwa pendidikan merupakan masalah semua pihak terutama dalam rangka peningkatan mutu pendidikan agama Islam, maka pihak SMP Negeri 13 Malang berusaha seoptimal mungkin memberdayakan dan mengikutsetakan keterlibatan komite sekolah dalam segala jenis usaha yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar.
Berdasarkan paparan di atas, maka rumusan masalah penelitian ini, meliputi: 1). bagaimana mutu pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Malang? dan 2). bagaimana peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Malang?
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) mengetahui mutu pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Malang, dan 2) mengetahui peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Malang. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk keabsahan datanya dicek menggunakan teknik triangulasi, menggunakan bahan refrensi, dan member check.
Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Mutu pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Malang dapat dikatakan cukup baik, hal ini dapat dilhat dari segi input, proses dan outputnya. Kedua, Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Malang, meliputi: 1) Sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency): Komite SMP Negeri 13 Malang sebagai mitra kerja kepala sekolah telah memberikan pertimbangannya dalam setiap rencana dan program yang disusun oleh sekolah, misalnya dalam hal rehab sarana dan gedung yang rusak, melakukan pelebaran mushalla, pengadaan peralatan shalat (mukenah dan sarung) dan rencana pembangunan laboratorium PAI. Selain itu, komite sekolah juga memberikan masukan dan pertimbangan dalam menetapkan RAPBS, memberikan pertimbangan dalam pelaksanaan proses pengelolaan pendidikan di sekolah dan mengidentifikasi sumber daya pendidikan yang ada dalam masyarakat untuk dipertimbangkan dan diperbantukan di sekolah. 2) Sebagai pendukung (supporting agency): peran komite sekolah sebagai badan pendukung bagi penyelenggaraan dan upaya peningkatan mutu pendidikan terutama pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Malang ini berupa dukungan finansial, tenaga, dan dukungan fikiran. 3) Sebagai pengontrol (controlling agency): komite sekolah di SMP Negeri 13 Malang melakukan kontrol terhadap pengambilan keputusan dan perencanaan pendidikan di sekolah, di samping alokasi dana dan sumber daya bagi pelaksanaan program di sekolah. Komite sekolah juga melakukan fungsi kontrolnya terhadap keberhasilan pendidikan di sekolah yang dilihat dari mutu output pendidikan. 4) sebagai mediator: Komite sekolah di SMP Negeri 13 ini banyak memberi manfaat, yang mana dengan adanya komite sekolah, aspirasi siswa dan orang tua dapat tersalurkan dan terwakilkan. Selain itu, pihak sekolah juga selalu mendapat support dari komite sekolah agar terus dapat meningkatkan mutu pendidikan terutama mutu pendidikan agama Islam.

Download Skripsi



 Jasa Pembuatan Skripsi

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment