Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, June 23, 2015

Implementasi Manajemen Pembelajaran Program Akselerasi Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang

Binti Roihatul Janah
Pendidikan selain sebagai proses pentransferan ilmu dari pengajar kepada peserta didik, juga diharapkan mampu mengantarkan peserta didik menjadi pribadi yang unggul yang mampu menghadapi kehidupannya di masa mendatang secara cerdas, kreatif dan mandiri. Mengenai pendidikan anak berbakat atau anak yang memiliki kecerdasan luar biasa, telah dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sebagai tindak lanjut, program akselerasi sangat essensial dalam menyikapi permasalahan di atas.
Pengelolaan pendidikan untuk siswa akselerasi berbeda dengan siswa lainnya (reguler), yang seyogyanya proses pembelajaran diwarnai dengan kecepatan dan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi sesuai dengan keadaan siswa akselerasi. Dalam upaya mewujudkannya dibutuhkan manajemen (pengelolaan) pendidikan yang efektif dan efisien.
Fokus masalah skripsi ini diarahkan kepada studi tentang Implementasi manajemen Pembelajaran Program Akselerasi Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Adapun rumusan masalah diantaranya adalah 1) Bagaimana implementasi manajemen pembelajaran program Akselerasi Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang? Dan 2) Apakah faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen pembelajaran program akselerasi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang?.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Untuk menjamin keabsahan penelitian ini, penulis dalam mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan kepala sekolah MAN 3 Malang, waka kurikulum, ketua program akselerasi, guru dan siswa. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan tehnik analisis deskriptif yaitu menggambarkan atau menginterpretasikan data yang telah didapat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang telah menerapkan manajemen pembelajaran program akselerasi dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari semua proses manajemen pembelajaran telah dijalankan secara maksimal. Dalam perencanaan, dilakukan perekrutan siswa, dan guru membuat perangkat pembelajaran khusus program akselerasi. Dalam pengorganisasian dilakukan penyediaan guru yang berkompeten, guru dibentuk pengurus khusus program akselerasi, kurikulum yang disusun berdiferensiasi, strategi active learning, serta penyediaan sarana dan prasarana yang relevan.
Dalam penggerakan siswa diberikan modul, kurikulum diarahkan pada program MIPA, metode penugasan, modul, ceramah, diskusi, serta penggunaan sarana dan prasarana oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran secara maksimal. Sedangkan dalam proses pengawasan pembelajaran dilakukan dengan bentuk ulangan harian, ulangan semester dan ujian nasional, hanya saja waktu pelaksanaan lebih cepat. Disisi lain dalam pelaksanaan program akselerasi ini banyak faktor yang menjadi pendukung dan penghambat. Pendukungnya adalah input (siswa) yang bagus, guru yang berkompeten, sarana dan prasarana yang memadai serta dukungan penuh dari sekolah dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sikap anak akselerasi yang egois, keadaan stress, proses penyesuaian diri, kesulitan materi, dan kondisi fisik yang lemah.

Download Skripsi



 Jasa Pembuatan Skripsi

Artikel Terkait: